Pertumbuhan Pasar Farmasi Diprediksi Capai 10 Persen di Tahun 2017

Pasar industri farmasi di Indonesia tumbuh 7,49 persen hingga kuartal ke empat tahun 2016, lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan Pasar Farmasi Diprediksi Capai 10 Persen di Tahun 2017
Warta Kota/Ichwan Chasani
Ketua Umum IPMG, Jorge Wagner memberikan paparan Outlook Industri Farmasi 2017 di Senayan, Jakarta, Rabu (22/3/2017). 

WARTA KOTA, SENAYAN -- International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG), asosiasi beranggotakan perusahaan farmasi internasional berbasis riset yang beroperasi di Indonesia, memerkirakan pertumbuhan pasar farmasi di negeri ini mencapai 10 persen pada 2017.

Ketua Umum IPMG, Jorge Wagner mengatakan bahwa pasar industri farmasi di Indonesia tumbuh 7,49 persen hingga kuartal ke empat tahun 2016, lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 4,92 persen.

"Kami memrediksi, pertumbuhan pasar farmasi di Indonesia mencapai 10 persen pada 2017," tuturnya dalam Outlook Industri Farmasi 2017 di Senayan, Jakarta, Rabu (22/3).

Saat ini, jumlah perusahaan farmasi ada 4 dari BUMN, 178 dari perusahaan domestik, dan 24 MNC (multinational corporation).

Pasar farmasi Indonesia itu mencakup sekitar 27 persen dari pasar farmasi ASEAN.

Belanja pemerintah Indonesia di sektor kesehatan adalah terendah ketiga diantara negara ASEAN setelah Laos dan Myanmar.

Sementara belanja obat mencakup 24 persen dari keseluruhan total pengeluaran negara di sektor kesehatan.

Wakil Ketua Umum IPMG, Evie Yulin menambahkan, salah satu faktor pendorong tumbuhnya industri farmasi di Indonesia adalah meluasnya jangkauan kepesertaa dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan.

Hingga pelaksanaan tahun ketiga, Maret 2017, BPJS Kesehatan telah mencakup 175 juta anggota, atau 66 persen dari keseluruhan populasi di Indonesia.

"Semakin luasnya jangkaun JKN, berarti semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses pada pelayanan kesehatan. Hal ini berkontribusi terhadap pertumbuhan konsumsi obat dan perkembangan industri farmasi secara keseluruhan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved