Normalisasi Sungai

Kodam Jaya: Kami Hanya Membantu Menormalisasikan Sungai dan Kali

Amblesnya Jalan Bukit Gading Raya 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara bukan dikarenakan eskavator yang digunakan untuk‎ pengerukkan Kali Sunter.

Kodam Jaya: Kami Hanya Membantu Menormalisasikan Sungai dan Kali
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Pabanda Wanwil Sterdam Jaya Kodam Jaya yang sekaligus sebagai Koordinator Pengawas Program Karya Bakti Kali Sunter, Mayor Inf Okky Risdianto (Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan) 

WARTA KOTA, KELAPA GADING - Pabanda Wanwil Sterdam Jaya Kodam Jaya yang sekaligus sebagai Koordinator Pengawas Program Karya Bakti Kali Sunter, Mayor Inf Okky Risdianto langsung membantah, amblesnya Jalan Bukit Gading Raya 1, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara bukan dikarenakan eskavator yang digunakan untuk‎ pengerukkan Kali Sunter Kelapa Gading Barat.

 Okky Risdianto mengatakan, pihaknya hanya membantu menormalisasikan sungai dan kali di Jakarta.

"Memang program 'Karya Bakti' ini, kami dari Kodam Jaya bekerjasama dengan jajaran Balai Besar Wilayah Ciliwung-Cisadane (BBWSC) untuk melakukan pemeliharaan di Kali Sunter. Jadi Kodam Jaya sifatnya ini membantu melakukan normalisasi Sungai dan Kali di DKI Jakarta," kata Okky Risdianto.

Okky Risdianto mengatakan, Kali Sunter Kelapa Gading Barat itu pun merupakan salah satu kali yang terdampak program Karya Bakti.

Okky Risdianto menyebut ada 13 titik lokasi baik sungai (situ), kali hingga waduk.

"Jadi program ini (Karya Bakti) di Kali Sunter resmi di bulan Januari 2017. Kami bekerjasama (MoU), dengan BBW‎SCC. Program ini, dilakukan di 13 lokasi, yang salah satunya Kali Sunter. Diantaranya itu, ada Kali Ciliwung 2 dan 4, Gambir, lalu ada Samsar yang juga sedang dikerjakan juga," papar Okky.

Okky Risdianto mengatakan, ada Ciliwung 1 di Kali Item di Kalibata dan Sunter 1 serta Sunter 2.

Program tersebut, kata Okky Risdianto, juga menyasar ke Sungai Grogol Cipedak, Sungai Krukut Mampang. Kurang lebih ada enam sungai.

Okky Risdianto mengatakan, program tersebut juga menyasar ke Danau atau biasa disebut Situ. Yakni, Situ Kandang Babi di Bogor, Situ Jatijajar Cimanggis, Situ Gunung Putri, dan ada Situ Rompong Ciputat, hingga Situ Rawa Gede Bekasi.

"Kami kerjakan saat ini. Program ini sudah ada MoU-nya," kata Okky Risdianto.

Pengerucukan

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana mengatakan, amblesnya Jalan Bukit Gading Raya 1 tersebut akan dilakukan cerucuk.

Rukmana mengatakan, pengerucukan bibir Jalan Bukit Gading Raya 1 itu akan memakan waktu dua-tiga hari.

"Tadi, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air Jakut menghubungi saya, jika perbaikan jalan ambes itu bakalan dicerucuk dolken. Waktu perbaikan sementara tersebut ya hanya memakan waktu dua-tiga hari saja kok," papar Rukmana.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help