Bibir Jalan Bukit Gading Raya yang Ambles Akan Dicerucuk

Jalan Bukit Gading Raya 1, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, ditutup total, Kamis (23/3).

Bibir Jalan Bukit Gading Raya yang Ambles Akan Dicerucuk
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sejumlah pot tanaman menjadi pembatas jalan membatasi amblesnya jalan di Jalan Bukit Gading ?Raya 1, di Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (23/3/2017). Amblesnya jalan ini diduga lantaran adanya proyek pengerukkan sedimen lumpur di Kali Sunter, yang merupakan kerjasama dengan pihak Kodam Jaya dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-PERA) RI. (Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, KELAPA GADING -- Mayor Inf Edi Purwoko, selaku Danramil Kelapa Gading mengatakan, telah menutup total Jalan Bukit Gading Raya 1, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (23/3).

Ia mengatakan, mengingat jalan tersebut nantinya dilakukan perbaikan oleh jajaran Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kota Jakarta Utara dengan Sudin Sumber Daya Air Kota Jakarta Utara.

Baca: Kodam Jaya Bantah Jalan Bukti Gading Raya 1 Ambles karena Alat Berat

"Mengingat jalan ambles itu cukup membahayakan untuk pengendara, barusan dibantu Jajaran Dinas Perhubungan‎ dan Transportasi (Dishubtras), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), menutup total sepanjang Jalan Inspeksi Kali Sunter Kelapa Gading Barat (Jalan Bukit Gading Raya 1) ini. Karena sebelumnya, saya melihat memang retakan di jalan ini enggak begitu parah. Sekarang sudah terbilang membahayakan. Maka dari itu, ditutup dulu," ungkap Edi.

Edi melanjutkan,"Untuk perbaikan jalan itu sifatnya hanya sementara karena mengingat kami Kodam Jaya serta pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), tengah bekerjsama untuk melakukan pengerukan lumpur, di Kali Sunter ini. Nantinya, perbaikan akan dilakukan oleh pihak Sudin Sumber Daya Air‎ Jakarta Utara, dengan Sudin Bina Marga Jakarta Utara," lanjutnya.

Sementara itu, Rukmana sebagai Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana, mengatakan, jika di Jalan Bukit Gading Raya 1 yang ambles nantinya akan dicerucuk dolken.

‎"Saya mengusulkan dicerucuk dolken, kita pasang seperti pagar dengan cara ditekan langsung dengan alat berat ya. Mungkin satu batang beton masuk sepanjang 1,8 meteran lah. Bentuknya nanti di zig-zag. Jadi, gunanya itu menahan beban jalan," katanya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help