VIDEO: Terowongan Antar Peron di Stasiun Manggarai Luas dan Nyaman

Sebelum adanya underpass ini, biasanya penumpang yang ingin menyeberang antar peron harus bersabar menunggu ketika ada kereta berhenti.

Laporan Wartawan Warta Kota, Joko Supriyanto

WARTA KOTA, JAKARTA  Stasiun Manggarai saat ini memiliki fasilitas baru untuk menunjang pelayanan penumpang kereta api, yaitu dengan adanya underpass.

Sebelum adanya underpass ini, biasanya penumpang yang ingin menyeberang antar peron harus bersabar menunggu ketika ada kereta berhenti.

Kini dengan adanya underpass yang saat ini masih dalam proses pengembangan membuat penumpang yang akan menuju peron sesuai dengan tujuan Commuter Line bisa melewati underpass tanpa perlu menunggu kereta yang tengah berhenti.

Kondisi underpass Manggarai terbilang
cukup nyaman, selain lorong yang cukup luas beberapa fasiltas seperti petunjuk arah pun terpampang jelas disetiap sudut lorong underpass, sehingga memberikan kemudahan bagi penguna kereta api untuk memasuki peron dengan rute tujuan kereta yang akan dituju.

Pantauan Warta Kota di setiap peron terdapat tangga underpass yang menghubungkan satu sama lain, untuk mempermudah penumpang kereta api juga terdapat papan informasi yang menampilkan tujuan kereta di setiap peron.

Baca: VIDEO: Rampok Alfamart di Tangerang Naik Mobil Murah dan Menenteng Parang

Peron 1 dan 2 untuk Commuter Line dengan tujuan Bekasi dan Jakarta Kota. Sedangkan peron 3, 4, 5, dan 6 untuk Commuter Line tujuan Bekasi, Tanah Abang, Duri, Depok, dan Bogor. Setiap papan informasi juga terdapat penunjuk arah bagi penumpang.

Selain itu, di setiap sudut underpass dipasang loudspeaker untuk memberikan informasi kepada penumpang.

Anisa (19) salah satu penguna kereta api mengatakan sangat mengepresiasi dengan adanya pembangunan underpass ini, sehingga ia tak perlu repot-repot untuk menyeberang rel untuk berpindah peron.

"Jauh lebih enak sih, karena kita gak perlu nunggu kereta yang sedang berenti, jadi kalo ada underpass bisa langsung lewat bawah," katanya saat ditemui oleh Warta Kota di Stasiun Manggarai, Rabu (22/3/2017).

Walau saat ini Underpass Manggarai belum sepenuhnya selesai, Ramlan (40) salah satu penumpang kereta api berharap fasilitas seperti ini harus ditingkatkan, tak hanya untuk kenyamanan beberapa orang saja tapi keseluruhan seperti adanya fasilitas penyandang disabilitas.

"Ini sebenarnya sudah bagus tapi, kalo dilihat belum ada ya fasilitas untuk disabilitas, kadang ada orang tua kasihan harus naik turun tangga," katanya. (M13)

Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help