Home »

News

» Jakarta

Pilkada DKI Jakarta

Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot di Media Sosial

Dari sejumlah aspek, riset menyebut pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.

Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot di Media Sosial
Faizal Rapsanjani
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta, mendeklarasikan dukungan untuk Cagub- Cawagub Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di kantornya, Buaran, Jakarta Timur, Minggu (12/3/2017). 

WARTA KOTA, RAWAMANGUN -- Dukungan pemain media sosial turut memanaskan persaingan dua kandidat pasangan calon Pilkada DKI Jakarta pada putaran kedua ini.

Bahkan, peran sosial media bisa berpengaruh besar terhadap isu-isu yang sedang berkembang termasuk bisa menjadi media penyebaran berita-berita positif calon yang didukung atau bahkan penyebaran kampanye hitam.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada Selasa (21/3) merilis persaingan pendukung dua paslon di medsos yakni facebook, twitter dan instagram.

Dari sejumlah aspek, riset menyebut pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.

"Dari mereka yang bermain facebook, Anies-Sandi mendapatkan dukungan sebesar 47,58 persen menggungguli Ahok-Djarot yang mendapat dukungan 43,93 persen," jelas Rully Akbar, peneliti LSI Denny JA di kantor LSI Rawamangun.

Sementara, di pemilih yang tidak punya akum facebook, Anies-Sandi meraup dukungan 50,54 persen di atas dukungan terhadap Ahok-Djarot yang hanya sebesar 40,80 persen.

Sementara itu, paslon Ahok-Djarot unggul terhadap Anies-Sandi di pemilih yang menggunakan twitter dengan meraih 53,34 persen sementara paslon Anies-Sandi hanya meraih dukungan 39,33 persen.

"Sebaliknya, di pemilih yang tidak punya akun twitter Anies-Sandi unggul dengan dukungan 50,94 persen. Sedangkan Ahok-Djarot sebesar 40,16 persen," ujar Rully.

Di pemilih yang menggunakan instagram, Anies-Sandi kembali unggul dengan 49,99 persen dari Ahok-Djarot sebesar 40,73 persen.

"Secara keseluruhan, di antara pengguna tiga media sosial di Jakarta yang mencapai 58,90 persen, pasangan Anies-Sandi unggul dengan meraih dukungan 46,20 persen dibandingkan paslon Ahok-Djarot yang hanya didukung 43,10 persen pengguna medsos," imbuhnya.

Namun, Rully menambahkan, keunggulan Anies-Sandi justru lebih besar bagi pemilih yang tidak bermain media sosial yang mencapai 54,60 persen. Sedangkan yang memilih Ahok-Djarot hanya 37,40 persen.

Survei ini dilakukan pada rentang waktu 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta dengan tatap muka terhadap 440 responden. Metode penelitian menggunakan multistage random sampling dengan margin of error plus minus 4,8 persen

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help