WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Pilkada DKI Jakarta

Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot di Facebook

Survei terhadap pengguna medsos oleh LSI Denny JA dilakukan pada 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta.

Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot di Facebook
WARTA KOTA/Faizal Rapsanjani
Rilis hasil survei LSI Denny JA, soal pengguna media sosial di Pilkada DKI Jakarta. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Faizal Rapsanjani

WARTA KOTA, PULOGADUNG - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei pengguna media sosial, yang menyatakan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat di Facebook.

"Dari mereka yang pemain Facebook (total pengguna Facebook 57,80 persen), Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 47,58 persen," ujar Rully Akbar, peneliti LSI Denny JA, di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2017).

"Sementara, Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 43,93 persen. Dukungan Anies-Sandi justru lebih tinggi di pemilih yang tidak menggunakan Facebook," imbuhnya.

Rully menjelaskan, sebanyak 58,90 persen responden menyatakan mereka aktif menggunakan media sos‎ial untuk mengikuti perkembangan pesta demokrasi lima tahunan ibu kota. Masyarakat yang tidak aktif di medsos sebesar 40,50 persen.

"Pengaruh media sosial terasa semakin kuat, karena pengguna mengaku bahwa mayoritas mereka tetap mengikuti perkembangan pilkada, meski di hari tenang menjelang pencoblosan," kata Rully

Sebab, saat kandidat dan tim resmi dilarang berkampanye lagi, kata Rully, berita dan isu upgrading ataupun downgrading tetap diproduksi dan diperbincangkan di medsos.

"Sebesar 75,2 persen responden menyatakan bahwa mereka tetap aktif ikuti berita pilkada di hari tenang. Hanya 11,5 persen yang menyatakan bahwa mereka tak aktif lagi menggunakan medsos ketika masa tenang," ungkapnya.

Berdasarkan temuan LSI Denny JA, Facebook merupakan media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan. Sebanyak 57,80 persen pemilih Jakarta mengaku punya akun aplikasi buatan Mark Zuckerberg ini.

Di urutan kedua, aplikasi instagram banyak digunakan oleh konstituen. Sebesar 39,30 persen responden menyatakan mereka memiliki akun instagram. Twitter adalah media sosial terbanyak ketiga yang digunakan oleh pemilih, yakni 17,20 persen responden.

Pada pemilih yang tidak punya akun Facebook, Rully menerangkan bahwa dukungan terhadap Anies-Sandi sebesar 50,54 persen. Sedangkan dukungan terhadap Ahok-Djarot sebesar 40,8 persen.

Survei terhadap pengguna medsos oleh LSI Denny JA dilakukan pada 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta. Survei ini dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden.

Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini plus minus berada pada angka 4,8 persen.‎ (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help