WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Pilkada DKI Jakarta

Angkot dan Bajaj akan Disertakan dalam Program OK OTrip

Keberadaannya yang dapat menyerap tenaga kerja justru dianggap merugikan bagi kalangan pengemudi angkutan umum, bajaj ataupun taksi konvensional.

Angkot dan Bajaj akan Disertakan dalam Program OK OTrip
Warta Kota/Dwi Rizki
Sandiaga Salahudin Uno 

WARTA KOTA, MAMPANG PRAPATAN -- Dilema terkait keberadaan transportasi berbasis online masih menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat.

Keberadaannya yang dapat menyerap tenaga kerja justru dianggap merugikan bagi kalangan pengemudi angkutan umum, bajaj ataupun taksi konvensional.

Seperti yang diungkapkan oleh Elsa, warga RT 08/10 Pela Mampang, Mampang, Jakarta Selatan. Sejak munculnya ojek online beberapa tahun lalu, pendapatan para pengemudi angkutan umum, termasuk suaminya menurun drastis.

Para pengemudi angkutan umum katanya kalah bersaing dengan ojek ataupun taksi online. Bukan hanya karena mudah diakses lewat ponsel, tarif yang ditawarkan juga katanya lebih rendah dibandingkan dengan angkutan umum konvensional.

"Kalau bapak kepilih, bagaimana ojek online ke depannya pak. Kasihan supir angkot-supir bajaj, kayak suami saya pak, mereka keteteran (tidak dapat bersaing), penghasilannya berkurang pak karena ada ojek online?" tanyanya kepada Sandi.

Menjawab keresahan Elsa ataupun pengemudi angkutan umum lainnya, Sandi menyampaikan bakal merangkul para pengemudi angkutan umum, termasuk bajaj dan mikrolet ke depannya. Angkutan umum akan diintegrasikan dengan Transjakarta lewat program OK OTrip.

"Untuk para pengemudi angkot dan bajaj jangan khawatir, karena bajaj akan masuk dalam OK OCE, para supir bajaj juga akan diikutsertakan dalam integrasi transportasi, mereka akan digaji setara UMP, jadi nggak perlu khawatir, mereka nanti juga akan online," ungkapnya saat sosialisasi di Jalan Bangka IX RT 08/10 Pela Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Senin (20/3/2017) petang.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help