Indra Sjafri sampai ke Ngada Flores untuk Cari Pemain Berbakat

Menurutnya, potensi dan bakat para pemain di Flores, Nusa Tengara Timur tidak kalah dengan para pemain dari Pulau Jawa, dan daerah lainnya di Indonesi

Indra Sjafri sampai ke Ngada Flores untuk Cari Pemain Berbakat
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Indra Sjafri. 

WARTA KOTA, KUPANG -- Pelatih Sepak Bola Tim Nasional U-19 Indra Sjafri blusukan ke Kabupaten Ngada, Pulau Flores untuk menyeleksi sejumlah pemain berbakat di daerah ini untuk masuk menjadi tim inti Timnas U-19.

"Saya sengaja ke Ngada, karena waktu seleksi di Atambua beberapa waktu lalu, para pemain ini tidak bisa ikut karena alasan cuaca buruk," katanya, saat dihubungi dari Kupang, Sabtu.

Menurutnya, potensi dan bakat para pemain di Flores, Nusa Tengara Timur tidak kalah dengan para pemain dari Pulau Jawa, dan daerah lainnya di Indonesia.

Menurutnya, selama ini potensi pemain-pemain NTT khususnya di Pulau Flores tidak bisa berkembang dengan baik, karena tidak ada yang melihat dan melatihnya secara baik.

"Karena itu, saya ke daerah ini, ingin melihat langsung potensi yang dimiliki oleh generasi muda kita agar siapa tahu ada yang bisa masuk skuat Timnas U-19. Apalagi kedatangan saya ke sini memenuhi janji saya saat berada di Atambua," ujarnya lagi.

Alasannya menjadikan NTT sebagai daerah tujuan pertama dalam proses seleksi pemain Timnas U-19, karena menurutnya pemain-pemain NTT layak untuk diperhitungkan setelah muncul Yabes, Aslan, dan beberapa pemain lain yang kini telah berada di skuat Bali United.

Sebelumnya, dia telah menyeleksi kurang lebih 35 pemain asal NTT di Kota Atambua, Kabupaten Belu, dan dari hasil seleksi tersebut ada enam pemain asal NTT yang diboyong dan masuk dalam seleksi tahap pertama Timnas U-19.

Namun dari enam nama tersebut tak ada satu pun perwakilan dari NTT.

Menurutnya, untuk masuk dalam skuat Garuda Muda adalah hak dan kewajiban para pemain sepak bola, namun tentu harus dilakukan seleksi yang ketat untuk mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik.

"Bagi saya, kita berikan mereka kesempatan untuk ikut seleksi. Masalah masuk timnas atau tidak urusan berikutnya. Intinya adalah mereka bisa bahagia," katanya pula.

Ia meyakini di NTT akan ada Yabes-yabes berikutnya yang bisa mengisi posisi di Timnas U-19 nanti.

Terkait seleksi Timnas U-19 tahap pertama akan segera dilaksanakan pada Minggu (19/3) di Surabaya.

"Timnas U-19 akan dipersiapkan untuk bertanding dalam Piala AFF U-19 pada bulan September mendatang, selain itu juga persiapan juga dilakukan untuk Piala AFC U-19 yang akan dilaksanakan pada November 2017 nanti," katanya pula.

Target yang diberikan PSSI untuk pelatih yang pernah membawa Garuda Jaya menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 ini adalah agar pelatih berdarah Minang ini bisa kembali menorehkan hasil yang sama di kancah persepakbolaan Asia. (Antara)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help