WartaKota/
Home »

Depok

Halaman Gedung Perpustakaan Depok Steril dari Kendaraan Parkir

Gedung Perpustakaan Kota Depok di Kompleks Balai Kota Depok di Jalan Margonda Raya disterilkan dari kendaraan yang biasa parkir di sana.

Halaman Gedung Perpustakaan Depok Steril dari Kendaraan Parkir
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi. Larangan parkir di bahu jalan dilakukan tebang pilih. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Untuk mencegah praktek pungutan liar dan menggalakkan tertib parkir kendaraan, mulai Jumat (17/3/2017), halaman Gedung Perpustakaan Kota Depok di Kompleks Balai Kota Depok di Jalan Margonda Raya disterilkan dari kendaraan yang biasa parkir di sana.

Sebelumnya, halaman samping dan belakang Gedung Perpustakaan Kota Depok, yang tepat berada di sisi pintuk masuk Kompleks Balai Kota Depok, kerap dijadikan tempat parkir bagi kendataan roda dua atau roda empat.

Kepala Satpol PP Kota Depok Dudi Mi’raz menuturkan sterilisasi halaman Gedung Perpustakaan dari parkir kendaraan sebagi bentuk keseriusan untuk mencegah adanya praktik pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum petugas atau siapapun terhadap pengendara yang parkir di sana.

"Sebab jika dibiarkan ada potensi pungli dari sana," kata Dudi, Jumat (17/3/2017).

Ilustrasi. Koleksi buku di perpustakaan.
Ilustrasi. Koleksi buku di perpustakaan. (Twitter)

Selain itu kata dia hal ini dilakukan agar para pengendara mau tertib dan memarkirkan kendaraannya di tempat yang sudah disediakan di Balai Kota Depok, yakni di Gedung Parkir Balai Kota Depok di sisi utara, dan lahan parkir di basement Gedung Dibaleka II di sisi selatan.

"Jadi masyarakat serta tamu maupun pegawai Pemkot Depok yang membawa kendaraan harus parkir di tempat yang disediakan itu, bukan di halaman Gedung Perpustakaan," katanya.

Karenanya kata Dudi, pihaknya menurukan petugasnya di halaman Gedung Perpustakaan dan melarang pengendara yang hendak parkir di sana dan mengarahkannya ke dua lokasi parkir tak jauh dari halaman Gedung Perpustakaan Depok.

"Jika ada yang hendak parkir, maka akan diarahkan untuk parkir di gedung parkir atau parkir basement Dibaleka II," katanya.

Menurutnya Pemkot Depok berkomitmen untuk memberantas praktik pungli sehingga segala potensi pungli dalam layanan publik akan dibersihkan dan dihilangkan.

"Apalagi Wali Kota Depok, telah mengukuhkan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Depok belum lama ini," katanya.

Dimana Satgas Saber Pungli Kota Depok beranggotakan lintas instansi mulai dari Pemerintah Kota Depok, kepolisian, kejaksaan, serta ahli dari Universitas Indonesia (UI).

"Ini bukti konkret Satpol PP cegah pungli," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help