Flyover Cipinang Lontar Mulai Dibangun, Rekayasa Lalu Lintas Belum Dilakukan

Proyek pembangunan jembatan layang di kawasan Cipinang Lontar, Jakarta Timur, mulai dilaksanakan.

Flyover Cipinang Lontar Mulai Dibangun, Rekayasa Lalu Lintas Belum Dilakukan
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
ILUSTRASI 

WARTA KOTA, JATINEGARA - Proyek pembangunan jembatan layang di kawasan Cipinang Lontar, Jakarta Timur, mulai dilaksanakan.

Sejumlah alat berat pada Rabu (15/3/2017) kemarin sudah berada di lokasi, untuk melakukan pengeboran dalam rangka pembuatan konstruksi.

Alhasil, terjadi penyempitan di ruas Jalan Raya Bekasi Timur. Pada jam sibuk, penutupan sebagian ruas jalan tersebut menimbulkan kemacetan.

Sehari sebelumnya, dilakukan rapat pembahasan melibatkan sejumlah kalangan, utamanya Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur. Dalam rapat yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur Sofiyan Tahir, di Kantor Wali Kota Jakarat Timur, belum ada titik terang model rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan.

"Belum ada bayangan bagaimana nanti rekayasa lalinnya. Karena kasudin (Perhubungan dan Transportasi Jaktim) belum memaparkan itu. Tadi beliau malah presentasi kegiatan selama ini, bukan langsung masuk ke konteks pembahasan," tutur Sofiyan ditemui usai rapat.

Sementara, Kasudin Dishubtrans Jaktim Mohamad Soleh ketika ditemui di waktu hampir bersamaan, juga belum secara rinci membeberkan kajian lalu lintas maupun potensi dampak kemacetan adanya proyek itu. Padahal, proyek pembuatan flyover akan membutuhkan waktu cukup lama, yakni ditargetkan selesai akhir 2017.

"Itu nanti. Masih kami kaji," ucapnya.

Pembuatan flyover Cipinang Lontar bertujuan agar kendaraan tidak lagi melintasi perlintasan kereta api, kata Kepala Bidang Jalan dan Simpang Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo, beberapa waktu lalu.

Proyek tersebut dilakukan secara multiyears, dan menelan biaya Rp 118 miliar. (*)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help