WartaKota/

Festival Outdoor Targetkan Transaksi Rp30 Miliar

Second Summit Indonesia International Outdoor Festival (IIOutFest) ditargetkan mencapai transaksi hingga Rp 30 miliar selama empat hari.

Festival Outdoor Targetkan Transaksi Rp30 Miliar
Tri Jaka Anggara (kedua dari kiri), Founder dan Director IIOutFest, memberikan keterangan kepada media di Senayan, Jakarta, Rabu (15/3/2017). 

WARTA KOTA, PALMERAH-Penyelenggara Second Summit Indonesia International Outdoor Festival (IIOutFest) menargetkan transaksi hingga Rp 30 miliar selama empat hari mulai 30 Maret 2017 hingga 2 April 2017. Festival ini melibatkan 112 peserta dari dalam dan luar negeri.

Founder dan Director IIOutFest, Tri Jaka Anggara mengatakan, dari 112 peserta itu, 80-an diantaranya ada produsen perlengkapan outdoor dan selebihnya adalah layanan (service) aktifitas outdoor.

Beberapa brand itu diantaranya Black Diamond, Columbia, The North Face, Deuter, Victorinox, Torch, Cotrek, Eiger, Avtec, Rei, dan sebagainya. Selain itu juga ada peserta lain seperti Sabah Tourism Board, Lodges Maribaya, Taman Budaya Sentul, termasuk komunitas dari FASI, FPTI, FAI, FONI, APGI, AELI, ARAI, KPA, Komunitas Boomerang, Kayak, dan lainnya.

Peserta kategori service itu adalah para operator di wisata petualang, ada operator arung jeram, camp set, pendakian, caving, climbing dan sebagainya.

"Target kami Rp20 miliar sampai Rp30 miliar untuk transaksi produk outdoor selama empat hari dengan asumsi bukan dominasi produk dari luar tapi produk lokal. Waktu 2015, transaksi hampir Rp18 miliar untuk produk, tapi service tidak bisa terhitung karena terjadi biasanya setelah event," kata Tri Jaka saat jumpa pers di Senayan City, Rabu (15/3).

Tahun lalu, kata dia, penyelenggaraan event serupa di Bandung hanya diikuti 97 peserta, dan di Surabaya 99 peserta. Tahun sebelumnya pada 2015 di Istora Senayan jumlah pesertanya ada 102 peserta.

Tahun 2017 ini ada banyak hal baru yang bisa ditemukan. Biasanya di Out Fest sebelumnya, ragam aktifitasnya hanya ada 5-6 aktifitas, tapi tahun ini ditambahkan menjadi 16 aktifitas. Selain climbing, ada juga water sport, lempar pisau, shooting, dan sebagainya.

"Kami ingin masyarakat melihat bahwa aktifitas-aktifitas ini tidak ekstrim, tapi kami juga ingin aktifitas itu dilakukan dengan aman. Seperti memanah yang saat ini trend, apakah masyarakat tahu bagaimana cara memanah sebenarnya. Kami ingin edukasi ini berjalan, hobi outdoor juga semakin luas dan berkembang, tapi tetap dilatarbelakangi dengan keamanan," kata Tri Jaka.

Tiket masuk festival ini hanya Rp 20.000 untuk weekend dan Rp 15.000 untuk weekday.

Dengan membayar satu tiket itu, pengunjung bisa mencoba seluruh aktivitas permainan.

Halaman
12
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help