WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Hiii Sejumlah Hotel di Jakbar Buang Limbah Makanan Hingga Tinja ke Saluran Terancam Ditutup

Jika tak memperbaiki sesuai dengan waktu yang kami tentukan, ya kami akan tindak. Sanksinya bisa denda Rp 3 miliar atau pencabutan izin.

Hiii Sejumlah Hotel di Jakbar Buang Limbah Makanan Hingga Tinja ke Saluran Terancam Ditutup
Warta Kota/Bintang Pradewo
Selain banyak endapan, keberadaan saluran air menjadi rusak akibat pembuangan limbah oleh hotel. 

WARTA KOTA, GROGOL PETAMBURAN -- Sebanyak 8 hotel di Jakarta Barat dikenakan sanksi administrasi karena berbagai masalah terkait pengelolaan limbah.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edi Mulyadi, mengatakan, pihaknya sudah memanggil ke delapan pengelola hotel dan memberikan sanksi administrasi.

"Kami belum berikan sanksi denda. Sebab ada tahapan-tahapan untuk mendenda pelanggaran terkait pengelolaan limbah," kata Edi ketika ditemui Wartakotalive.com di ruang kerjanya, Selasa (14/3/2017).

Saat ini sanksi yang diberikan baru berupa perintah untuk memperbaiki sistem pengelolaan limbah.

Pihaknya memberi waktu antara 2 bulan sampai 6 bulan untuk pihak hotel memperbaiki pengelolaan limbahnya.

Namun Edi enggan membeberkan identitas ke - 8 hotel tersebut. Sebab baru tahapan sanksi pertama berupa peringatan dan perintah untuk memperbaiki.

"Tapi, kalau mereka tak memperbaiki sesuai dengan waktu yang kami tentukan, ya kami akan tindak. Sanksinya bisa denda Rp 3 miliar atau pencabutan izin. Kami sudah koordinasi dengan PTSP dan mereka siap saja apabila kami rekomendasikan pencabutan ijin untuk 8 hotel itu," tegas Edi.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum Sudin Lingkungam Hidup Jakbar, Tuti Ernawati, mengatakan, dari ke-8 hotel, hanya satu hotel yang dinilai melakukan pelanggaran cukup berat.

Hotel tersebut terbukti tak memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL). "Jadi hotel itu membuang limbah-limbah makanan dan minuman yang dimasak di dapur langsung ke saluran air," kata Tuti ketika ditemui Wartakotalive.com di tempat yang sama.

Bahkan kata Tuti, limbah tinja pun dibuang begitu saja ke kali. Tanpa diolah lebih dulu atau diendapkan di septiktank.

Halaman
12
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help