WartaKota/

Ditunjuk Jadi Duta Besar, Tantowi Yahya Kumpulkan Pengetahuan tentang Selandia Baru

Tak lama lagi Tantowi Yahya (56) akan bertugas menjadi Duta Besar untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga setelah mendapat amanat dari Presiden Jokowi.

Ditunjuk Jadi Duta Besar, Tantowi Yahya Kumpulkan Pengetahuan tentang Selandia Baru
Arie Puji Waluyo
Tantowi Yahya 

WARTA KOTA, PASARMINGGU - Tidak lama lagi politisi Tantowi Yahya (56) akan bertugas menjadi Duta Besar untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga setelah mendapat amanat dari Presiden Joko Widodo.

Dengan penunjukan itu, Tantowi rencananya akan mengumpulkan banyak informasi mengenai negara-negara tersebut.

"Alhamdulillah udah siap. Jadi persiapan yang saya lakukan adalah pengetahuan mengenai negara yang saya akan ditempatkan yaitu Selandia Baru, Samoa dan Tonga," ujarnya saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Selain itu anggota DPR RI Komisi I tersebut juga banyak mempelajari segala hal tentang negara yang dituju mulai dari politik hingg ekonomi. Dengan begitu Tantowi bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan saat menjadi duta besar.

"Segala hal terkait negara itu dalam konteks bilateral dengan Indonesia baik politik, sosial, ekonomi, budaya sudah saya pelajari semuaa dan alhamdulilah udah saya formulasi dalam bentuk program-program yang insya Allah akan saya eksekusi selama tiga tahun saya ditempatkan di sana," katanya.

Kakak kandung Helmi Yahya itu menuturkan tugas sebagai duta besar tidak jauh berbeda dengan pekerjaannya sekarang sebagai anggota dewan. Pasalnya Komisi I tempat Tantowi bertugas membidani urusan luar negeri.

"Kalau persiapan dari segi substansi sudah lama karena saya kan anggota Komisi I yang membidani masalah luar negeri. Jadi isu mengenai perwakilan, diplomasi sudah nggak aneh," ungkapnya.

Rencananya jika tidak ada aral melintang, Tantowi akan berangkat pada akhir bulan Maret ini. Ia akan mengajak serta istri dan anaknya untuk menetap di Selandia Baru selama tiga tahun bertugas di negara tersebut.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help