Home »

News

» Jakarta

Rawa Belong Banjir Gara-Gara Perumahan TNI di Kebonjeruk Serobot Saluran Air

Kawasan Rawa Belong kerap banjir karena banyak saluran air yang diserobot sejumlah rumah di Perumahan Perwira MABAD di Kelurahan Sukabumi Utara.

Rawa Belong Banjir Gara-Gara Perumahan TNI di Kebonjeruk Serobot Saluran Air
Saluran air penghubung yang terserobot rumah warga di Perumahan Perwira Mabad di Kebonjeruk. 

WARTA KOTA, KEBON JERUK-Sebanyak 20 rumah di Perumahan Perwira Mabad di Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat menyerobot saluran penghubung (PHB).

Imbasnya kawasan Pasar Bunga Rawa Belong kerap banjir saat hujan. Air dari jalan tak mengalir lancar ke saluran PHB tersebut.

Saluran air di kawasan Rawa Belong memang seluruhnya dialirkan ke saluran PHB itu dan dibuang ke Kali Sekretaris yang membelah Kelurahan Sukabumi Utara.

Air kerap tergenang sampai setinggi 30 centimeter di depan Pasar Bunga Rawa Belong dan jalan disana setiap hujan turun.

Pantauan Wartakotalive.com, saluran PHB mengecil begitu masuk ke kawasan perumahan perwira Mabad.

Bahkan lebar saluran PHB disana ada yang hanya berukuran 15 centimeter atau hanya seluas got. Terhimpit di antara rumah warga, nyaris tak terlihat.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta, Imron, mengatakan, bahkan ada rumah-rumah warga di perumahan TNI yang sudah menyerobot saluran.

"Jadi salurannya tertutup rumah warga. Ada yang ketika kita cek, salurannya itu ada dibawa dapur rumah," ucap Imron ketika dihubungi Wartakotalive.com, Senin (6/3/2017) siang.

Bahkan ada satu rumah warga yang menutupi saluran air sepanjang 150 meter.

Imron mengatakan, semestinya saluran PHB disana memiliki lebar 2 meter agar mampu menampung air dari kawasan Rawabelong.

Halaman
12
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help