Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah IORA Summit 2017

Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah acara Indian Ocean Rim Association (IORA) Summit 2017.

Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah IORA Summit 2017
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi. Petugas menunjukkan barang bukti cabai yang berhasil disita aparat gabungan ungkap penimbunan cabai. 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah acara Indian Ocean Rim Association (IORA) Summit 2017 pada 5-7 Maret 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Acara ini akan mempertemukan pemerintah dengan para pelaku usaha dari negara-negara di lingkar Samudra Hindia yang tergabung dalam IORA dalam forum pendorong stabilitas kawasan dan memiliki peran strategis pada masa depan ekonomi di dunia.

"IORA adalah kekuatan geopolitik dan geoekonomi yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Saat ini merupakan momentum yang tepat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan di kantornya, Jumat (3/3/2017).

Enggartiasto Lukita
Enggartiasto Lukita (Warta Kota/Alija Berlian Fani)

Enggar menambahkan, IORA mencakup kurang lebih 2,7 miliar penduduk atau 35 persen populasi dunia.

Namun, perannya belum dimanfaatkan dengan baik sepenuhnya.

Perdagangan yang terjadi saat ini baru dikuasai oleh enam negara, yaitu: Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Australia, dan Afrika Selatan.

Untuk itu, pemerintah tengah memberikan perhatian lebih kepada negara lain dalam perdagangan seperti Bangladesh, Kenya, Monzambik, Uni Emirat Arab, dan Iran.

"Kemendag akan mengoptimalkan pertemuan ini untuk melakukan ekspansi atau pendalaman terhadap pasar-pasar baru yang potensial," jelas Enggar dalam konfrensi pers pada awak media.

IORA beranggotakan 21 negara yaitu Australia, Afrika Selatan, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Langka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Serta tujuh mitra wicara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Tiongkok, dan Prancis.

"Melalui acara ini, Indonesia dapat menjajaki peningkatan cakuoan jalinan kerja sama perdagangan bilateral dan multilateral dengan beberapa negara kunci, seperti Uni Emirat Arab, Afrika Selatan, Bangladesh, Iran, Amerika Serikat, dan Inggris," papar Enggar.

Beberapa kepala negara atau pemerintahan juga dijadwalkan hadir dalam acara ini, serta ada lebih dari 300 CEO, pembisnis, wakil kamar dagang, dan industri negara anggota yang akan berinteraksi antar satu sama lain.

Indonesia sendiri sudah dianglat secara resmi menjadi ketua IORA untuk periode 2015-2017 pada the 15th IORA Council of Ministers Meetinf di Padang dengan tema Strengthening Maritime cooperation for a Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean. (Alija Berlian Fani)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help