WartaKota/
Home »

Bisnis

» Makro

13 Pasar Milik PD Pasar Jaya Bersertifikat SNI

PD Pasar Jaya menambah jumlah pasar di bawah naungannya yang mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), menjadi 13.

13 Pasar Milik PD Pasar Jaya Bersertifikat SNI
WARTA KOTA/FERYANTO HADI
PD Pasar Jaya menambah 10 pasar yang bersertifikat SNI. 

WARTA KOTA, KRAMAT JATI - PD Pasar Jaya menambah jumlah pasar di bawah naungannya yang mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI), menjadi 13.

Sebelumnya, baru tiga pasar yang dapat mempertahankan predikat sebagai pasar bersertifikat SNI, yakni Pasar Cibubur, Pasar Pondok Indah, dan Pasar Manggis.

Manajer Umum PD Pasar Jaya M Fahri mengatakan, hingga saat in, PD Pasar Jaya telah menambah 10 pasar yang bersertifikat SNI.

Kesepuluh pasar tersebut adalah Pasar Mayestik, Pasar Enjo, Pasar Baru, Pasar Gembrong, Pasar Ganefo, Pasar Glodok, Pasar Cikini Ampium, Pasar Pesanggrahan, Pasar Ciplak, dan Pasar Koja Baru.

Sedangkan beberapa lembaga yang mengeluarkan sertifikat antara lain Lembaga survei produk (LSPRO), Standar SNI dari BSN, SUCOFINDO, dan TUV Reinhald.

"Ke-13 pasar yang bersertifikat SNI telah memiliki syarat teknis meliputi aspek ruang dagang, aksesibilitas dan zonasi, termasuk di dalamnya penyediaan area parkir dan area bongkar muat barang serta ukuran koridor antar-toko, kios dan los," jelas Fahri, Jumat (3/3/2017).

Fahri menambahkan, aspek lainnya yang telah terpenuhi adalah ketersediaan pos ukur ulang dan sidang tera ulang, ketersediaan fasilitas umum yang meliputi pengaturan ketersediaan kantor pengelola, toilet, ruang menyusui, kamera keamanan, ruang peribadatan, pos kesehatan, pos keamanan, dan area penghijauan.

Dari segi elemen bangunan, 13 pasar yang diganjar sertifikat SNI telah memenuhi aspek keselamatan bangunan, pencahayaan, sirkulasi udara, sistem drainase, ketersediaan air bersih, pengelolaan air limbah, pengelolaan sampah, dan dukungan sarana telekomunikasi.

"Selain itu juga meliputi aspek pengelolaan pasar, tugas pokok dan fungsi pengelola pasar, prosedur kerja pengelola pasar, SDM pengelola pasar, danpemberdayaan pedagang dan pembangunan atau pengembangan pasar," imbuh Fahri.

Fahri menambahkan, ke depan PD Pasar Jaya akan menerapkan standar yang berbasis SNI di seluruh pasar yang belum mendapatkan sertifikat tersebut.

"Secara bertahap PD Pasar Jaya akan mendaftarkan seluruh pasar agar memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia, dan hanya pasar-pasar yang memiliki pasar basah yang bisa mendapatkan sertifikat tersebut," beber Fahri. (*)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help