Warga Jakarta Dapat Memanfaatkan Aplikasi Kesehatan Medi-Call

Aplikasi kesehatan di Indonesia, Medi-call, kini telah dapat digunakan masyarakat Jakarta.

Warga Jakarta Dapat Memanfaatkan Aplikasi Kesehatan Medi-Call
Warta Kota/Andika Panduwinata
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH-Aplikasi kesehatan di Indonesia, Medi-call, telah dapat digunakan oleh masyarakat Jakarta.

Dengan aplikasi berbasis smartphone, Medi-Call, pengguna dapat meminta tenaga kesehatan, termasuk dokter, untuk datang ke lokasi, seperti kantor, rumah maupun hotel.

Sebelumnya, aplikasi mobile Medi-Call telah sukses membantu warga dan para wisatawan asing di Bali mendapatkan layanan kesehatan tercepat dan terlengkap.

“Medi-call merupakan aplikasi smartphone berbasis GPS. Dengan cara ini, dokter pada lokasi terdekat bisa merespon kebutuhan Anda dengan cepat kapan saja,” terang dr. Stephanie Patricia, Chief Marketing Officer Medi-call, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (1/3/2017).

Dr. Daeng M Faqih, selaku Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia
menambahkan, ditinjau dari sudut Undang-Undang Praktek Kedokteran dan Penyelenggaraan Praktek Kedokteran, imbuhnya, aplikasi seperti Medi-call ini bisa diterima.

"Karena dokter datang menemui pasien dan memeriksa pasien. Kalau aplikasi yang lain, hanya sebatas konsultasi online," kata Patricia.

Ia menambahkan, menurut Undang-Undang Praktek Kedokteran menurut PERMENKES No 2052 tentang penyelenggaraan praktek kedokteran ini masih diperbolehkan karena dokter Medi-Call memeriksa pasien secara langsung.

Setelah periksa, ia mendiagnosis, lalu mengeluarkan resep.

"Tentang resep yang di-upload, kita sudah berbicara dengan kawan-kawan di IAI dan Badan POM. Mereka mengatakan kalau ini tidak masalah,” ujar Dr. Daeng.

Fitur-fitur lengkap yang ditawarkan Medi-Call, antara lain: emergency call ke nomor telepon rumah sakit atau klinik untuk memanggil ambulans berdasarkan lokasi yang terdekat, layanan on call dokter, on call klinik, on call rumah sakit, on call laboratorium, serta layanan farmasi secara online yang terintegrasi dengan Apotek K24, lewat k24klik.com.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved