Kali Cakung Lama Jadi Penyebab Tiga Kecamatan di Jakarta Utara Ini Tergenang

Herning yakin bila Kali Cakung Lama dilakukan normalisasi, genangan di tiga kecamatan di Jakarta Utara tersebut akan terbebas dari banjir.

Kali Cakung Lama Jadi Penyebab Tiga Kecamatan di Jakarta Utara Ini Tergenang
Wahyu Tri Laksono
Alat mengeruk Kali Cakung Lama tahun 2015 silam. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK -- Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Utara, Herning Wahyuningsih, mengatakan penyebab utama tergenangnya tiga kecamatan di Jakarta Utara yaitu Kecamatan Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading.

Dipaparkan Herning, trase di Cakung Lama'>Kali Cakung Lama hanya 20 meter.

"Cuma memang permasalahannya tersebut, adalah di Cakung Lama'>Kali Cakung Lama karena Cakung Lama'>Kali Cakung Lama itu kan trasenya 20 meter, tapi kenyataannya sekarang cuman ada sekitar satu meteran," ujarnya.

"Nah di situ lah hingga pada akhirnya, Kecamatan Koja, Cilincing, mungkin kalau Kelapa gading tak terlalu ya itu sering alami genangan itu. Harusnya Cakung Lama'>Kali Cakung Lama sudah di normalisasi dengan trase mencapai 20 meteran," katanya, Rabu (1/3/2017).

‎Herning yakin bila Cakung Lama'>Kali Cakung Lama dilakukan normalisasi, genangan di tiga kecamatan di Jakarta Utara tersebut akan terbebas dari genangan dan banjir.

"Insya Allah ya, ketiga kecamatan itu bebas genangan dan saya sangat yakin itu. Karena memang, panjang sekali (Kali Cakung Lama) situ sampai 8 kilomter," ujarnnya.

"Kalau-kalau, sampai 20 meteran lebar kalinya, panjangnya sampai 8 kilometer, dan dalamnya kita upayakan sampai 15 meter, ‎diyakini itu akan beberapa meter kubik air," ucapnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved