VIDEO: Beginilah Inovasi Masjid Mobile yang Siap Melayani Umat Islam

Dengan adanya masjid mobile yang didirikan oleh Yayasan Masjid Nusantara nampak bagi umat Islam tak perlu khawatir jika jauh akan masjid.

VIDEO: Beginilah Inovasi Masjid Mobile yang Siap Melayani Umat Islam
Joko Supriyanto
Masjid mobile di kawasan Kementerian Pertanian, Selasa (28/2/2017). 

WARTA KOTA, PASAR MINGGU -- Dengan adanya masjid mobile yang didirikan oleh Yayasan Masjid Nusantara tampak bagi umat Islam tak perlu khawatir jika jauh akan masjid.

Baca: VIDEO: Salon Khusus Hijaber di New York ini Layani Muslim hingga Yahudi

Baca: NEWS VIDEO: Kemenlu Janji Usut Pencurian Ginjal TKI di Qatar

Mobile Masjid adalah sebuah inovasi baru dalam pelayanan shalat di Kota Bandung. Ide ini digagas oleh Yayasan Masjid Nusantara.

Masjid mobile ini didirikan ketika 10 setelah bulan Ramadan tahun 2016 lalu, dengan ide kreatifitas yang tecetus lantaran banyak keresahan warga ketika pada saat perayaan even yang jauh akan masjid.

"Jadi awalnya kami membuat masjid mobile ini karena adanya faktor kerisauan warga yang di saat mereka susah mencari tempat untuk beribadah misalnya ada even di taman, atau even yang memang jauh dari masjid, jadi untuk mempermudah dalam melaksanakan bagi kaum muslimin," kata Pengelola Masjid Mobile saat ditemui Warta Kota di Kementerian Pertanian, Selasa (28/2/2017).

Disebut masjid portabel lantaran minibus Isuzu L300 berwarna hitam berpadu hijau dan putih yang dimodifikasi khusus oleh Yayasan Masjid Nusantara membawa peralatan yang cukup lengkap.

Masjid bergerak ini dapat digunakan secara dadakan di mana pun dan kapan pun.

Isi mobil sumbangan dari Rumah Zakat tersebut mengangkut tanki air berkapasitas 5.000 liter yang bisa dimanfaatkan puluhan umat islam untuk berwudhu.

Selain itu, ada juga karpet shaf, genset, sound system, mimbar, hingga peralatan pribadi yang bisa dipakai bergantian seperti mukena, sarung hingga sandal jepit untuk wudhu.

Saking lengkapnya, masjid portabel ini bahkan bisa menggelar shalat Jumat yang memiliki syarat harus diikuti oleh 30 orang lebih jemaat.

Bagi yang mau request masjid mobile ini bisa telphone 081291837814 tidak dikenakan biaya apa pun.

"Kita seluruhnya gratis, tapi kalo mau infaq kami tetap terima jadi jika ada yang memberi kami akan infaq-an," tutupnya.  (Joko Supriyanto)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help