WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Demi Nelayan, BMKG Kerjasama dengan Kabupaten Pinrang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bekerjsama dengan Kabupaten Pinrang, Sulsel untuk meningkatkan taraf kehidupan nelayan.

Demi Nelayan, BMKG Kerjasama dengan Kabupaten Pinrang
istimewa
Ilustrasi 

WARTA KOTA, DEPOK-Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya melakukan penandatanganan Mou dengan Bupati Pinrang, Sulsel, Aslan Patonangi. Kerjasama kedua instansi terkait dengan pemanfaatan data dan informasi meteorologi maritim Untuk kesejahteraan masyarakat Pinrang.

Ruang lingkup Mou ini, meliputi, pemanfaatan data informasi meteorologi maritim untuk mendukung pembangunan kabupten pinrang.

"Termasuk pengelolaan sekolah lapang iklim untuk nelayan, pemberian pemahaman dasar berupa pelatihan di bidang meteorologi maritim, pemanfaatan sarana dan prasarana, serta kegiatan lain yag masih dalam lingkup kesepakatan bersama," kata Andi dalam keterangan tertulisnya kepada Warta Kota, Senin (20/2/2017).

Penandatanganan MoU bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Pinrang yang ke 57 dengan disaksikan oleh Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Bupati Pinrang Aslan Patonangi menuturkan referensi dan data dari BMKG akan dijadikan andalan dalam menunjang sektor sektor unggulan dan untuk pelaksanaan mitigasi bencana di Pinrang.

Sebenarnya sejak tahun 2016, BMKG telah berpartisipasi dalam pelaksanan kegiatan Sekolah Lapang Phronima Suppa dimana BMKG memberikan sosialisasi tentang informasi cuaca dan iklim.

"Hasil dari sekolah lapang ini adalah meningkatnya produksi udang di pinrang hingga sekitar 350 persen hingga membuat Kabupaten Pinrang berhasil melakukan ekspor udang ke jepang," kata Aslan.

Selain penandatangan MoU, juga ditandatangani Perjanjian Kerjasama tentang pemanfaatan data dan informasi meteorologi maritim untuk mendukung peningkatan produksi perikanan di kabupaten Pinrang

. Mou ini ditandatangani oleh Kepala Balai MKG Wilayah 4 Makassar, A Fachri Radjab dengan Kepala Dinas Perikanan Kabuaten Pinrang, Ir Budaya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help