Tujuh Rumah di Tepi Kali Bekasi Longsor, Satu Hanyut

Tujuh rumah warga di Perumahan Margahayu RT 04 dan 05 di RW 02, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, longsor pada Minggu (19/2/2017) petang.

Tujuh Rumah di Tepi Kali Bekasi Longsor, Satu Hanyut
Tribunnews.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, BEKASI - Tujuh rumah warga di Perumahan Margahayu RT 04 dan 05 di RW 02, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, longsor pada Minggu (19/2/2017) petang.

Satu di antara rumah yang longsor itu, hanyut tergerus air Kali Bekasi. Ani Suhani, ketua RT 04 mengatakan, longsor terjadi sangat cepat dan mendadak. Tanpa diketahui pemilik rumah, tiba-tiba bagian dapur rumahnya ambruk diterjang hujan dan luapan air Kali Bekasi.

"Awalnya hanya ada dua rumah yang longsor, tapi dua jam lagi menyusul lima bangunan lain," ungkap Ani kepada wartawan.

Ani menjelaskan, tujuh rumah warga yang longsor masuk dua RT, yaitu RT 04 dan 05. Di RT 04, terdapat empat rumah yang ambruk, sedangkan sisanya tiga rumah ambruk di RT 05. Seluruh rumah itu, kata dia, berdiri di pinggir Kali Bekasi atau hanya berjarak 10 meter dari bibir kali.

Untuk menghindari korban luka dan jiwa dalam insiden ini, pihaknya telah mengevakuasi warga setempat ke kantor Sekretariat RW 02. Soalnya, hingga Minggu petang, intensitas hujan masih tinggi di wilayah setempat.

Camat Bekasi Timur Gutus Hermawan mengatakan, pihaknya sudah melaporkan peristiwa ini ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi. Hingga saat ini, kata dia, petugas telah berada di lokasi untuk membantu mengevakuasi warga.

Gutus memastikan, tidak ada korban luka dan jiwa dalam peristiwa ini. Sebab, saat kejadian posisi penghuni rumah berada di ruang tengah dan di luar rumah. Meski begitu, ketujuh kepala keluarga yang terkena longsor diungsikan sementara waktu guna menghindari longsor susulan.

Dalam musibah ini, pihaknya belum bisa memastikan apakah pemerintah daerah akan mengganti kerusakan rumah korban atau tidak.

Sebab, pemerintah harus melakukan beberapa kajian, mengingat di lokasi setempat bakal terkena proyek pelebaran jalan.

"Informasinya lahan ini akan dibuat jalan. Ada sekitar 15 rumah yang akan terkena pelebaran jalan. Sekarang ini masih dalam pendataan," jelasnya. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved