Home »

News

» Jakarta

Pilkada DKI Jakarta

KPU DKI Selesai Laksanakan Penghitungan Suara Siap Laksanakan Putaran Kedua

KPU DKI telah memperoleh hasil perolehan suara dari sistem informasi penghitungan suara.

KPU DKI Selesai Laksanakan Penghitungan Suara Siap Laksanakan Putaran Kedua
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno 
WARTA KOTA, PANCORAN - Penghitungan suara secara resmi memang belum usai, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI telah memperoleh hasil perolehan suara dari sistem informasi penghitungan suara (situng) Pilgub DKI Jakarta 2017.
‎Agus Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh  17,05 persen (936.609 suara), Ahok-Djarot 42,91 persen (2.357.587 suara) dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 40,05 persen (2.200.636 suara). 
Berkaca dari hasil situng KPU DKI yang dilakukan dua hari setelah pemung suara.
Sumarno selaku ketua KPU DKI mengucap rasa terimakasih kepada seluruh jajaran penyelenggara pemilu, dan memberikan semangat untuk terus bekerja hingga putaran kedua Pilgub DKI.
‎"Kita harus tetap semangat untuk kerja lagi putaran kedua. Mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja selama lima hari," kata Sumarno, di Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (17/2/2017).
‎Operator situng sudah bekerja dengan luar biasa, setelah bekerja beberapa hari dan sudah sampai ke titik darah penghabisan.
"Kepada kawan kawan KPU Kab. Kota yang sudah bekerja keras mengumpulkan input data C1, karena tidak mudah mengumpulkan data ini. Total, semua data berasal dari 13023 TPS," katanya.
"Proses situng ini penuh dinamika namun itu bisa dijalankan. Ini sebagai data penyanding dan pembanding yang bisa dipantau masyarakat. Apa yang didapat dari Situng ini bukan dasar dari hasil Pilkada DKI, yang jadi acuan adalah proses rekapitulasi dari masing masing TPS untuk mengevaluasi diri saksi paslon," katanya. 
Sumarno menegaskan KPU DKI dalam menjalankan tugas memegang teguh tiga prinsip yakni, Integritas, netralitas dan profesionalitas.
‎"Saya akan sampaikan hasil rekapitulasi. ini bukan data yang dijadikan KPU untuk dijadikan hasil Pilkada, tapi hanya sebagai data penyanding untuk mengawasi bagi masyarakat dalam proses rekapitulasi dari tanggal 25-26 nanti," katanya. (Faizal Rafsanjani)
Berikut adalah jadwal rekapitulasi dan penetapan perolehan suara:

16-22 Februari: rekapitulasi tingkat kecamatan

22-25 Februari: rekapitulasi tingkat kota

25-27 Februari: rekapitulasi tingkat provinsi

4 Maret: penetapan hasil perolehan suara
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help