Home »

Depok

Warga Perumahan Permata Depok Kini Bebas Banjir

Dengan adanya sodetan itu, permukiman warga kini bebas banjir karena air Kali Pelayangan tak lagi meluap ke permukiman warga saat hujan deras turun.

Warga Perumahan Permata Depok Kini Bebas Banjir
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Banjir di Perumahan Permata Depok. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Banjir yang selalu menggenangi ratusan rumah warga di Perumahan Permata di Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, jika hujan deras turun dan kerap terjadi sejak 2013 lalu, kini tampaknya sudah tak terjadi lagi.

Sejumlah warga mengaku cukup lega, karena hujan deras yang terjadi Rabu (15/2/2017) malam, tak lagi membuat air Kali Pelayangan meluap dan menggenangi permukiman mereka.

Suryansyah, salah seorang warga Perumahan Permata, menuturkan pembuatan sodetan kali Pelayangan di jembatan Sayuti berupa crossing drainase yang dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Depok, akhir 2016 lalu, sudah membawa hasil dan dirasakan warga.

Sebab dengan adanya sodetan itu, permukiman warga kini bebas banjir karena air Kali Pelayangan tak lagi meluap ke permukiman warga saat hujan deras turun.

"Semalam hujan lebat mulai menjelang magrib hingga isya. Biasanya hujan dengan curah air seperti itu, membuat air kali meluap ke jalan. Tapi, semalam air yang mengalir di kali cukup kecil dan tak meluap. Tak ada lagi banjir di lingkungan Permata Depok," kata Suryansyah.

Menurutnya hal itu sangat mungkin karena dampak dari pembuatan crossing drainase yang dilakukan Dinas PUPR di jembatan sayuti cukup efektif.

"Terimakasih untuk jajaran Dinas PUPR," kata Suryanyah.

Suryansyah menjelaskan, saat hujan deras turun, Rabu malam, warga bersama Ketua RT 5/7, Pondok Jaya, Dani Pujiantoro, bersiaga dan mengecek kondisi lingkungan.

"Kondisinya dengan intensitas hujan yang lumayan lebat, tetapi tidak terlalu membuat air naik. Meski ada di satu titik genangan air yang bening atau bukan coklat atau lumpur yang biasa terjadi jika wilayah kami banjir," kata Suryanysah.

Secara umum, kata Suryansyah, hal ini sementara membuat warga cukup lega, karena perumahan mereka tampaknya mulai terbebas dari banjir.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help