Jakarta Banjir

Katulampa Siaga 2, Sebanyak 7.788 Jiwa di Bantaran Ciliwung Terkena Banjir Kiriman

Kelurahan Cawang tercatat mengalami banjir yang cukup parah dengan ketinggian 150 sentimeter. Warga yang terdampak banjir diketahui sebanyak 1.188 KK

Katulampa Siaga 2, Sebanyak 7.788 Jiwa di Bantaran Ciliwung Terkena Banjir Kiriman
TRIBUNNEWS/WAHYU AJI
Air meluap di Jalan Jatinegara Barat dari arah Kampung Melayu menuju Matraman, Jakarta Timur, Kamis (16/2/2017) pagi. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, GAMBIR -- Debit bendungan air Katulampa meninggi pasca hujan deras yang mengguyur hulu dan tengah Sungai Ciliwung. Sejumlah wilayah di bantaran kali ikut terendam.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusdalops BPBD DKI Jakarta, banjir merendam permukiman di bantaran sungai Cilwung dan sebagian Kali Cipinang.

"Sebanyak 7.788 jiwa atau 3.393 KK yang terdampak langsung dari banjir. Artinya tempat tinggalnya terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 10-150 sentimeter," kata Sutopo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/2).

Wilayah Jakarta Timur yang terendam banjir diantaranya meliputi Kecamatan Ciracas (Kelurahan Cibubur dan Kelurahan Rambutan), Kecamatan Kramat Jati (Kelurahan Cililitan dan kelurahan Cawang),  dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Kampung Melayu dan Kelurahan Biadara Cina).

Kelurahan Cawang tercatat mengalami banjir yang cukup parah dengan ketinggian 150 sentimeter. Warga yang terdampak banjir diketahui sebanyak 1.188 KK atau 3.896.

"Di Kelurahan Kampung melayu juga terendam banjir hingga ketinggian 100 centimeter dengan masyarakat yang terdampak 443 KK atau 1.456 jiwa. Hingga saat ini belum ada laporan jumlah pengungsi. Sebagian banjir telah surut. Kondisi sungai di Jakarta saat ini normal dan Siaga 3," ujarnya.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada Karena potensi hujan berintensitas tinggi masih berpeluang terjadi. Puncak curah hujan masih diperkirakan akan terjadi sampai akhir Februari mendatang.

Perincian banjir di bantaran Sungai Ciliwung dari masing-masing wilayah di DKI Jakarta seperti yang dilaporkan Pusdalops BPBD DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

JAKARTA TIMUR

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved