Agar Terintegrasi dengan Terminal Hingga ke Pelabuhan Tanjung Priok, Warga Meminta Sky Bridge

Jadi kan enak ya enggak perlu jalan kaki nyebrang dulu ke‎ Terminal, Pelabuhan, atau Stasiun. Malah, dengan adanya warga menggunakan jembatan layang.

Agar Terintegrasi dengan Terminal Hingga ke Pelabuhan Tanjung Priok, Warga Meminta Sky Bridge
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Suasana di Terminal Tanjung Priok, Minggu (12/2). 

WARTA KOTA, TANJUNGPRIOK - Sejumlah masyarakat di Jakarta Utara, menginginkan jajaran dari pemerintah untuk segera membuat sebuah jembatan layang atau Sky Bridge, di area Terminal Tanjung Priok, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Minggu (12/2/2017). Sky Bridge yang dimaksudkan, agar masyarakat bisa dengan mudah menuju Stasiun Kereta Api (KA) Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Priok‎ dan Terminal Tanjung Priok.

"Selain perlunya membenahi total Terminal Tanjung Priok, masyarakat sepertinya perlu juga pak dibuatkan jembatan layang‎. Agar bisa terhubung langsung di Terminal Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Stasiun Tanjung Priok pak. Misalnya ada warga baru turun dari Terminal Tanjung Priok dan mau ke Stasiun KA Tanjung Priok, ya langsung ke jembatan layang melintas ke Stasiun. Atau bisa juga warga yang dari terminal mau ke pelabuhan. Jadi, tidak perlu lagi tuh warganya nyebrang jalan ke sana-sini. Pakai jembatan layang pun jadi," kata seorang warga Tanjung Priok, Husin (40), di Terminal Tanjung Priok.

Pria yang tengah menunggu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tujuan Tasikmalaya Jawa Barat ini mengungkapkan‎ jika pemerintah mengintegrasikan Terminal Tanjung Priok dengan Stasiun KA Tanjung Priok serta Pelabuhan Tanjung Priok, akan mempermudah akses masyarakat.

"Jadi kan enak ya enggak perlu jalan kaki nyebrang dulu ke‎ Terminal, Pelabuhan, atau Stasiun. Malah, dengan adanya warga menggunakan jembatan layang jadi lebih mudah ya kan? Bahkan mempermudah bagi penyandang cacat pak," ungkap pria yang bekerja sebagai karyawan swasta ini.

Sementara warga lainnya, Johan (41) juga menuturkan hal‎ yang sama. Ia pun beranggapan, dengan pemerintah yang membangun sebuah jembatan yang bisa menghubungkan langsung dengan Terminal, Stasiun KA serta ke Pelabuhan Tanjung Priok, akan mempermudah akses warga. Bahkan, pria bertubuh gemuk ini sangat mendukung akan hal itu.

"Wah bagus dong pak. Mudah ke stasiun, ke terminal, dan ke pelabuhan. Jembatan layang kan? Ya bagus itu pak, dan menurut saya para penyandang cacat juga bisa nyaman ke terminal, stasiun atau ke pelabuhan Tanjung Priok. Kan tak perlu lagi nyeberang ke sana-sini. Toh di ketiga tempatnya ini‎ (Terminal, Stasiun KA, Pelabuhan) kan berdekatan. Jadi apa salahnya dibangun. Ya tidak apa-apa. Saya pun, selaku warga di sini sangat setuju pak," katanya.

Sementara itu, Andriyansah, sebagai Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan‎ dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta membenarkan adanya rencana pembangunan sky bridge tersebut. Hanya saja, Andri Yansah pun mengakui belum mengetahui secara spesifik soal pembangunan tersebut.

"Iya memang ada (pembangunan sky bridge). Hanya, saya belum melihat secara detail konsepnya," katanya ke Warta Kota.

Sementara itu juga, Mohammad Faisol selaku Kepala Unit Pengelola Terminal (UPT) Terpadu Dishubtrans DKI jakarta‎ juga berpendapat sama. Walaupun ada rencana terkait hal pembangunan sky bridge di Jakarta Utara, masih perlunya dibahas di level kedinasan.

"Terkait untuk untuk rencana pembangunan Sky Bridge ini memang ada. Namun akan dicoba dibahas di leves dinas," katanya singkat.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved