Penguna JPO Keluhkan Kondisi Lift Halte Sarinah Rusak Parah dan Bau Pesing

Padahal dengan adanya fasilitas lift ini memberikan kemudahan bagi kaum disabilitas, lansia dan ibu hamil.

Penguna JPO Keluhkan Kondisi Lift Halte Sarinah Rusak Parah dan Bau Pesing
Joko Supriyanto
Penguna JPO Keluhkan Kondisi Lift Halte Sarinah Rusak Parah dan Bau Pesing 

WARTA KOTA, SARINAH - Tidak berfungsinya lift halte Sarinah membuat penguna JPO terpaksa mengunakan anak tangga untuk akses menyeberang jalan.

Padahal dengan adanya fasilitas lift ini memberikan kemudahan bagi kaum disabilitas, lansia dan ibu hamil.

Pantauan Warta Kota Halte Sarinah dilengkapi dengan tiga lift, lift pertama berada di samping gedung Sarinah, dan lift kedua berapa di depan Gedung Banwaslu, ketiga lift yang digunakan untuk turun ke jalut busway.

Jika lift JPO Sarinah ini berfungsi sangat ramah bagi kaum disabilitas maupun lansia, pasalnya mereka tidak harus menaiki puluhan anak tangga untuk dapat menyebrang jalan.

Tidak berfungsinya lift ini justru membuat kondisi lift sangat memperhatinkan, selain tidak terawat membuat lift ini terkesan dibiarkan begitu saja tanpa adanya perbaikan.

Bahkan kondisi tombol lift sudah banyak yang copot bahkan hilang. Selain itu beberapa dinding lift juga sudah berlubang.

Melihat kondisi lift yang rusak membuat penguna jalan harus menaiki anak tangga untuk menyebrang jalan maupun yang ingin mengunkan Transjakarta.

Salah satunya, Burhanudin (60) dengan tertatih-tatih ia berusaha menaiki anak tangga satu persatu, walau kondisinya yang memang sudah tidak muda lagi, sesekali ia memegangi pagar anak tangga. Bahkan ketika merasa letih ia sesekali mengehela nafasnya.

"Ya namanya sudah tua ya dek, naik segini saja sudah ngos-ngosan, kalo masih mudah mah lari naiknya," katanya kepada Warta Kota, Kamis (9/2/2017).

JPO Sarinah memang tidak begitu tinggi untuk kaum muda mudi, namun untuk kaum lansia seperti Burhanudin tidak begitu ramah.

Hal serupa juga dikatakan oleh Amar (39) salah satu penguna JPO yang sedang melintas, ia mengatakan pemerintah seharus bisa segera memperbaiki fasum yang rusak, karena seperti hanya lift ini yang diperuntukan bagi kaum disabilitas. "Kalo diperbaiki kan akan menguntungkan bagi kaum misalnya ibu hamil, disabilitas, jadi gak perlu lagi naik tangga, kalo dibiarkan begini kesananya gimana gitu," katanya.

Selain itu ia menyebut selain kondisi lift yang terbengkalai, bau pesing juga menyengat ketika melewati lift tersebut.

"Itu samping lift juga mau pesing tu mas, kayaknya banyak yang kencing sembarangan disitu," kata Amar.

Ia berharap segera ada perbaikan untuk lift sarinah yang sudah rusak parah. "Kalo berharap yang pasti ya segera diperbaiki, kalo memang tidak ya sudah dihilangkan saja," katanya. (Joko Supriyanto)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved