Sedang Hitung Uang Palsu, Pengedar Dibekuk

Aparat Polsek Sawangan membekuk Januari (45), seorang pengedar uang palsu dari sebuah ruko di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, Sabtu (4/2/2017) ma

Sedang Hitung Uang Palsu, Pengedar Dibekuk
Rangga Baskoro
Petugas menunjukkan uang palsu (upal) 

WARTA KOTA, DEPOK -- Aparat Polsek Sawangan membekuk Januari (45), seorang pengedar uang palsu dari sebuah ruko di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, Sabtu (4/2/2017) malam.

Dari tangannya didapati uang palsu pecahan Rp 50 Ribu sebanyak 400 lembar, dan yang palsu pecahan Rp 100 ribu sebanyak 100 lembar.

Ini berarti ada 500 pecahan uang palsu senilai Rp 30 Juta.

Januari diduga pula bagian dari sindikat itu pembuatan uang palsu, karena di ruko didapati pula sejumlah peralatan yang diduga untuk mencetak dan membuat uang palsu.

Kapolsek Sawangan Komisaris Sutarjo mengatakan dibekuknya Januari berawal dari laporan masyarakat sekitar, yang dalam beberapa pekan terakhir mendapati uang palsu dari orang tak dikenal.

Beberapa warga menduga penyebar uang palsu adalah salah seorang penghuni di deretan ruko yang ada di Jalan Muchtar, Sawangan.

"Dari laporan warga, seminggu sebelumnya, kami menggerebek pelaku di ruko itu. Saat kami geledah, didapati ratusan pecahan uang palsu Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu," katanya.

Menurut Sutarjo pihaknya masih mendalami kasus ini karena diduga pelaku bagian sindikat pembuat dan pengedar uang palsu," katanya.

Dia menambahkan, dari keterangan pelaku upal tersebut dikirim ke sejumlah lokasi di wilayah Jabodetabek. Dengan perbandingan uang palsu Rp 30 juta, dijual Rp 5 juta.

Kanit Reskrim Polsek Sawangan Inspektur Satu Darminto menyebutkan saat dibekuk, Januari tengah menghitung uang palsu pecahan di dalam ruko.

"Ia sempat mengelak kalau uang yang dihitungnya adalah asli. Namun setelah kami pastikan itu uang palsu ia tak lagi dapat mengelak," katanya.

Darminto menyebutkan pihaknya masih mendalami kasus ini, untuk membekuk kawanan pelaku lain rekan Januari. Sebab katanya diduga kuat Januari bagian dari sindikat pengedar dan pencetak uang palsu.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved