Home »

Video

BERITA VIDEO: Begini Fenomena Munculnya Bola Api dari Sungai Mekong

Satu tahun sekali, tepatnya akhir September atau awal Oktober, penduduk daerah Nong Khai di Thailand akan berkumpul di tepi Sungai Mekong.

BERITA VIDEO: Begini Fenomena Munculnya Bola Api dari Sungai Mekong
KOMPAS.com/YOUTUBE/VISSHOP
Dalam bahasa Thailand fenomena ini disebut Bang Fai Phaya Nak. 

WARTA KOTA, NONG KHAI -- Satu tahun sekali, tepatnya akhir September atau awal Oktober, penduduk daerah Nong Khai di Thailand akan berkumpul di tepi Sungai Mekong.

Mereka menunggu fenomena istimewa, yakni bola api yang muncul dari Sungai Mekong, terbang ke udara dan lenyap begitu saja.

Dalam bahasa Thailand, fenomena ini disebut "Bang Fai Phaya Nak".

"Ini betul terjadi, bukan mitos. Coba saja lihat di YouTube, ketik 'naga fireball' nanti keluar videonya," kata Marketing Manager Tourism Authority of Thailand (TAT), Indra Nugraha, Jumat (3/2/2017).

Tom, pemandu tur lokal untuk acara AEC Media Fam Trip Thailand Connect, membenarkan perkataan Indra.

"Kalau orang sini percaya bola api itu berasal dari naga di dunia lain, dunia dalam air. Bola api tersebut dipercaya adalah pemberian naga kepada Buddha," katanya. 

Banyak orang yang tak percaya dan menganggap fenomena ini sebagai hal yang tak masuk akal.

Beberapa dari mereka mencoba membuktikan sendiri dengan melakukan penelitian langsung, sampai menyelam ke dasar Sungai Mekong.

"Ada peneliti dari Jepang kerja sama dengan universitas di sini, menyelam ke Sungai Mekong. Hasilnya mereka tak menemukan apa pun. Penelitian lain juga tak ada yang bisa membuktikan fenomena ini," kata Indra.

Malah, kata Tom, cerita bola api yang berasal dari naga lebih dipercaya oleh penduduk Nong Khai.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help