WartaKota/

Kasus Rizieq Shihab

Wapres JK Minta FPI Hormati Pernyataan Dubes Palestina

Wapres Jusuf Kalla meminta FPI untuk menghormati pernyataan Kedubes Palestina di Jakarta terkait penggunaan bendera negaranya yang dipakai dalam demo.

Wapres JK Minta FPI Hormati Pernyataan Dubes Palestina
Kompas.com
Wapres Jusuf Kalla 

WARTA KOTA, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) untuk menghormati pernyataan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta terkait penggunaan bendera negaranya yang dipakai dalam demonstrasi ormas tersebut beberapa waktu lalu.

"Kalau bendera Indonesia dibawa demo di luar negeri yang tidak ada urusannya dengan Indonesia, tentu kita akan protes," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Pada 21 Januari 2017, Kedubes Palestina di Jakarta telah mengeluarkan pernyataan keberatan dan menyesalkan penggunaan bendera Palestina dalam demonstrasi FPI yang tidak ada hubungannya dengan dukungan untuk Palestina.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal FPI Jakarta Novel Bamukmin mengatakan pernyataan Kedubes Palestina tidak mewakili suara rakyat Palestina.

Terkait hal itu, Wapres RI menegaskan bahwa kedutaan besar adalah wakil dari pemerintah dan rakyat suatu negara, sehingga FPI dan ormas manapun harus menghormati pernyataan keberatan Kedubes Palestina tentang penggunaan bendera Palestina dalam unjuk rasa yang tidak ada hubungannya dengan negara mereka.

"Kedutaan itu selalu wakil dan dari pemerintah dan rakyat suatu negara," kata dia.

"Tentu dia kan perwakilan negara Palestina, otomatis perwakilan rakyatnya," lanjut JK.

Wapres juga mengimbau bagi para ormas maupun kelompok yang ingin berunjuk rasa untuk melihat konteks dari aspirasi yang akan disampaikan.

"Kalau mereka demo untuk membela Palestina, ya silakan, tapi konteksnya tidak ada hubungannya dengan Palestina, kenapa harus pakai bendera Palestina?" kata dia.  (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help