Beberapa Sekolah yang Akan Direnovasi di Jakarta Utara Berkategori Rusak Sedang

Kerusakan tidak menganggu kenyamanan para siswa untuk melakukan aktifitas belajar mengajar.

Beberapa Sekolah yang Akan Direnovasi di Jakarta Utara Berkategori Rusak Sedang
Joko Supriyanto
Salah satu sekolah yang akan direnovasi di Jakarta Utara 

WARTA KOTA, KOJA - Rencana melakukan rehab di sekolah-sekolah yang mengalami kerusakan berat maupun sedang terus digencarkan oleh beberapa pihak terkait.

Pasalnya beberapa sekolah ini memiliki bangunan yang cukup tua dan rentan akan roboh karena tiang penyangga sudah berusia lama, namun beberapa sekolah juga masih nampak kokoh namun dinding dan material kayu yang digunakan sebagai atap bahkan tiang bangunan sudah dimakan rayap.

Walau hanya dikategorikan rusak ringan dan sedang, kerusakan tidak menganggu kenyamanan para siswa untuk melakukan aktifitas belajar mengajar.

Salah satunya SDN 01, 02, 03 Tugu Utara yang terletak di Jalan Mangga Ujung No.3, RT.10/RW.16, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. SD ini juga masih dalam pengajuan rehab.

"Waktu itu tahun 2016 lalu sudah melakukan pengajuan untuk rehab, kalo untuk rehab ringan sebenarnya sekolah sudah punya anggaran, seperti misalnya pengecatan, ataupun yang sifatnya rusak ringan masih ditanganin sekolah," kata Safii (48) penjaga sekolah, SDN 01/02/03 Tugu Utara saat ditemui Warta Kota, Sabtu (21/1/2017).

Setelah pengajuan beberapa team datang ke sekolah ini untuk melihat bagian mana saja yang akan direhap. "Dua bulan lalu, kali tidak salah November itu ada team yang kesini, dan sudah foto-foto kok," katanya.

Namun hingga kini pengajuan tersebut belum ada kejelasan, namun ia memastikan bahwa anggaran untuk rehab itu ada pada tahun 2017 ini. "Sampai sekarang belum dikasih tahu lagi, jadi masih nunggu anggaran saja sekarang," katanya.

Safii juga mengatakan bahwa memang ada rencana mau ditingkat, tak hanya itu setiap sekolah juga tidak ada lagi yang masuk siang maupun sore semuanya akan masuk pagi. "Kemarin kalo untuk tingkat belum ada anggarannya, jadi kami hanya mengajukan rebah sedang saja seperti pintu, dan tiang penyangga," kata pria yang sudah bekerja menjadi penjaga sekolah sejak tahun 87.

Pantauan Warta Kota, SDN 01/02/03 masih terlihat bagus, seperti halnya genteng sekolah, hanya beberapa bagian saja yang memang mengalami kerusakan seperti pintu sekolah, dan juga tiang penyangga. Sedangkan untuk plafon masih terlihat cukup bagus, dinding-dinding sekolah juga tidak ada yang terkelupas.

Pada tahun 2000 pernah dilakukan rehab seperti pengantian genteng, jendela yang tadinya kayu saat ini sudah memakai alumuniu. "Yang atas itu udah direhap semua, tapi kalo untuk bagian bawah sendiri belum," katanya.

Halaman
12
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved