Masjid Terbesar di Seoul Jadi Daya Tarik Turis Mancanegara

Salah satu bukti nyata eksistensi Islam di Korea Selatan adalah keberadaan Seoul Central Mosque atau Masjid Central Seoul di distrik Yongsan

Masjid Terbesar di Seoul Jadi Daya Tarik Turis Mancanegara
Warta Kota/Dian Anditya Mutiara
Seoul Central Masjid di Itaewon merupakan masjid terbesar dan tertua di Korea Selatan paling banyak dikunjungi turis mancanegara 

WARTA KOTA, SEOUL - Setiap traveling ke negara yang minoritas umat muslimnya, saya selalu penasaran seperti apa ya masjid yang mereka punya. 

Korea Selatan bukan merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim, namun bukan berarti kita tak dapat menemukan jejak-jejak Islam di negara ini.

Nah pada pertengahan Desember lalu, saya bersama beberapa rekan wartawan sempat berkunjung ke Seoul. Kebetulan di daerah Itaewon Seoul ada masjid tertua. 

Keberadaan Seoul Central Mosque atau Masjid Central Seoul di distrik Yongsan-gu, Itaewon, Seoul ini merupakan masjid pertama dan satu-satunya di Ibukota Korea Selatan (Korsel), Seoul, sekaligus menjadi masjid terbesar di Korea.

Seoul Central Masjid di Itaewon merupakan masjid terbesar dan tertua di Korea Selatan
Seoul Central Masjid di Itaewon merupakan masjid terbesar dan tertua di Korea Selatan

Selain menjadi tempat ibadah kaum Muslim, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan Islam di Korsel.

Sambil menunggu waktu salat zuhur, saya melihat ke sekeliling masjid dan ruang utama. Dimana ada panggung mimbar untuk imam masjid atau khotib berkutbah. 

Saat mengunjungi masjid tersebut suhu menunjukan 5 derajat celcius ditambah hujan rintik. 

Ketika kaki menginjakkan lantai teras masjid, astaga dinginnya minta ampun, seperti menginjak puluhan batu es. 

Kalau melihat dalamnya sih sama seperti masjid pada umumnya. Hanya saja sekeliling dinding memakai keramik bergambar bunga dan daun. Sedangkan diatas keramik itu dipasang keramik 99 asmaul husnah. 

Untuk jamaah pria bisa memakai ruang salat utama, sedangkan muslimahnya bisa salat di lanta tiga yang sebenarnya merupakan bagian balkon dari masjid tersebut. 

Halaman
1234
Penulis: Dian Anditya Mutiara
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved