Reuters Beritakan Jokowi Tegur Panglima TNI, Istana Membantah

Pihak Istana membantah kabar yang menyatakan Presiden Joko Widodo menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, saat rapat di Istana Bogor.

Reuters Beritakan Jokowi Tegur Panglima TNI, Istana Membantah
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung, menjawab pertanyaan wartawan, usai acara penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/11/2016). 

WARTA KOTA, PALMERAH - Pihak Istana membantah kabar yang menyatakan Presiden Joko Widodo menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, saat rapat di Istana Bogor pekan lalu.

“Tidak benar,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo saat dikonfirmasi, Senin (10/1/2017).

Johan Budi Sapto Pribowo mengatakan, saat rapat, terutama di sidang kabinet paripurna yang digelar di Istana Bogor pekan lalu, Presiden Jokowi sama sekali tidak membahas mengenai Panglima TNI yang diisukan melakukan tindakan di luar kontrol.

“Dalam sambutan di depan rapat kabinet paripurna, Presiden tidak menyebutkan sama sekali soal Pak Gatot,” tutur Johan Budi Sapto Pribowo.

Sebelumnya, Reuters memberitakan bahwa Presiden Joko Widodo menegur Panglima dalam satu pertemuan pekan lalu, menyusul langkah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang secara sepihak menghentikan hubungan kerja sama keamanan dengan Australia.

Dalam  berita berjudul Indonesia's president moves to rein in 'out of control' military chief, sumber Reuters pada Senin (9/1/2017) menyebut bahwa Jokowi yang merupakan Presiden dari luar militer atau sipil, langsung bergerak cepat untuk menunjukkan otoritas tertingginya sebagai panglima tertinggi.

"Dengan Gatot, rasanya seperti ia sedikit di luar kontrol," ujarnya.

Menurut pemberitaan Reuters, teguran Presiden kepada Pangima TNI memang tidak dilakukan saat sidang kabinet paripurna awal tahun itu. Kata pejabat yang dijadikan sumber oleh Reuters, Joko Widodo menegur Gatot secara empat mata, di sela sidang kabinet.

Soal Pelecehan Australia 

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menilai pelecehan yang dilakukan militer Australia terhadap Indonesia, sudah cukup lama.

Halaman
12
Penulis: Nicolas Manafe
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help