Setelah 13 Tahun Damai, Warga Manggarai Kembali Bentrokan

Bentrokan di Manggarai, Jakarta Selatan terjadi setelah 13 tahun warga kawasan itu berdamai.

Setelah 13 Tahun Damai, Warga Manggarai Kembali Bentrokan
Rangga Baskoro
Sejumlah aparat kepolisian membuat pos di sekitar perbatasan antara warga Gang Tuyul dan Gemtas, guna mengantisipasi bentrokan antar warga di Jalan Manggarai Utara 1, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (9/1) 

WARTA KOTA, TEBET-Warga Gang Tuyul, Edi (45) menyatakan bentrokan kemarin terjadi untuk pertama kalinya usai 13 tahun Warga Gang Tuyul berdamai dengan Warga Gemtas (Gembel Stasiun).

"Dulu juga pernah terjadi. Tapi sudah lama sekali, 13 tahun yang lalu. Baru kemarin kejadian lagi," ucap Edi kepada Warta Kota, di Jalan Manggarai Utara 1, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (9/1).

Edi yang kesehariannya berdagang baju menyatakan, proses mediasi sudah dilakukan kemarin malam, sekitar jam 22.00, dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Iwan Setiawan dan Kapolsek Tebet, Kompol Nurdin A Rahman.

Elemen masyarakat seperti Camat Tebet, Lurah Manggarai, beserta Ketua RW 04 yakni Daud Haris, yang membawahi 17 RT juga berpartisipasi dalam proses mediasi.

"Kemarin malam, ratusan orang ngumpul di pendopo. Kami semua bersalam-salaman, saling memaafkanlah intinya," ujarnya.

Warga lain bernama Saiful (35) membenarkan bahwa pihak kepolisian sudah memanggil sejumlah warga dari Gang Tuyul dan Gemtas yang notabene merupakan warga yang tinggal di RW 04, untuk dimintai keterangannya.

"Iya benar dibawa kemarin malam, sifatnya hanya memberikan keterangan saja. Habis itu diperbolehkan pulang kembali," ucap Saiful.

Saiful mengharapkan agar pihak Kecamatan Tebet beserta Kelurahan Manggarai bisa lebih memperhatikan warga sekitar dengan memberikan kegiatan, terutama kepada pemuda.

"Selama ini kami berkumpul paling kalau hanya ada acara 17 Agustus saja. Kalau ada kegiatan jadinya kan mempererat silaturahmi dan juga menghilangkan kesenjangan. Mohon diperhatikan lah warga-warga disini," pungkasnya.

Pantauan Warta Kota di Jalan Manggarai Utara 1, situasi kini kembali kondusif pasca Warga Gang Tuyul dan Gemtas berdamai. Masyarakat kembali membuka lapak dagangan dipinggir jalan yang menuju ke arah Stasiun Manggarai. Arus lalu lintas juga sudah kembali normal.

Sejumlah aparat kepolisian juga terlihat masih berjaga-jaga di dua titik, yakni di perbatasan antara Jalan Tambak dan Manggarai, serta di pos polisi yang terletak di dekat Stasiun Manggarai. (Rangga Baskoro)

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved