Mencuri 245 Liter BBM Premium Melalui Selang, Tiga Nelayan Ini Pasrah Dibekuk Polisi

Kemudian, kala tutup pipa jalur BBM terbuka, dimasukkan selang sepanjang 10 meteran lebih.

Mencuri 245 Liter BBM Premium Melalui Selang, Tiga Nelayan Ini Pasrah Dibekuk Polisi
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Pihak Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok membekuk tiga nelayan yang telah terbukti lakukan tindak pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium, milik PT Pertamina sebanyak 245 liter, tepatnya di Dermaga PMB 3 PT Pertamina Marine Region 3 yang lokasinya di Jalan Jampea no 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Kamis (29/12/2016) lalu. 

WARTA KOTA, TANJUNGPRIOK - Pihak Sat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok membekuk tiga nelayan yang telah terbukti lakukan tindak pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium, milik PT Pertamina sebanyak 245 liter, tepatnya di Dermaga PMB 3 PT Pertamina Marine Region 3 yang lokasinya di Jalan Jampea no 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Kamis (29/12/2016) lalu. Tiga tersangka tersebut, As (30), He (33), dan RH (30) kini masih menjalani pemeriksaan mendalam.

"Ketiga pelaku bekerja sebagai nelayan, yang terbukti melakukan tindak pidana pencurian BBM jenis premium sebanyak 245 liter di Dermaga PMB 3 PT Pertamina Marine Region 3. Dari tangkapan, didapati beberapa barang bukti berupa perahu kayu bermesinkan diesel. Di dalam perahu itu tepat dek ada BBM jenis premiun 245 liter. Bahkan ditemukan kunci inggris, kunci pipa, selang, serta 6 dirigen kosong dan 2 buah corong," ungkap Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Robertus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana kepada media, Sabtu (31/12/2016).

Dikatakan pria yang akrab disapa Robert itu, ketiga pelaku sudah pasrah kala didapati anggota, tengah melakukan pencurian BBM. Pencurian BBM dilakukan dengan menggunakan perahu. Muatan pada perahu tersebut kosong, guna mempercepat laju perahu itu.

"Muatan perahu yang dinaiki ketiga tersangka ini diketahui kondisi kosong ketika ingin beraksi. Ketiganya itu, bergerak dari Dermaga‎ Kalibaru dan diam-diam merapat ke Dermaga PMB 3. Lalu, ketiga pelaku ini masuk ke area yang ingin dituju, kemudian merusakkan pagar pembatas besi," ucap Robert.

Setelah merusak pagar pembatas, lanjut Robert, membuka tutup pipa jalur BBM jenis premium dengan menggunakan kunci pipa di lokasi. Kemudian, kala tutup pipa jalur BBM terbuka, dimasukkan selang sepanjang 10 meteran lebih.

"Ada 10 meteran panjang selangnya, dan itu dimasukkan ke pipa atau jalur BBM. Selang yang berhubung langsung ke perahu milik mereka, langsung menyalurkan BBM hingga terisi ke dirigen yang sudah disiapkan. Cara menyalurkannya pun mudah, hanya mulut yang digunakan. Dihisap, lalu cairan BBM keluar dan terisi dalam dirigen," ucapnya.

Tak disangka, aksi pencurian yang kerap dilakukan ketiga pelaku baik siang hari dan malam hari, kini telah terendus pihak Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

"Jadi, saat para pelaku menyedot BBM menggunakan mulut, aksi kawanan ini kepergok ‎patroli speedboat security PT Pertamina di lokasi. Ketiganya pun langsung dibekuk, dan petugas kemanan di lokasi langsung menghubungi anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara, barang bukti dan ketiga pelaku telah ditangkap dan tengah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ungkap Robert.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved