Home »

News

» Jakarta

Gerai Perpanjangan SIM di Mall Terus Dibuka

Hanya butuh waktu tiga menit dari memasukan data entry, mencetak, lalu membayar biaya administrasi.

Gerai Perpanjangan SIM di Mall Terus Dibuka
Warta Kota/Theo Yonathan Simon Laturiuw
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Ermayudi Sumarsono menggunting pita rangkaian bunga sebagai tanda dibukanya gerai SIM di Mall Pluit, Kamis (29/12/2016). 

WARTA KOTA, PENJARINGAN - Peningkatan pelayanan terhadap pembuatan dan perpanjangan SIM semakin dipercepat. Ditlantas Polda Metro Jaya terus membuka gerai perpanjang SIM di mall-mall di Jakarta.

Terakhir, gerai perpanjangan SIM kembali dibukan di Mall Pluit Village, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (29/12/2016).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Ermayudi Sumarsono, mengatakan dibandingkan dengan pelayanan Satpas Di Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, pelayanan di gerai Pluit sangat cepat.

Hanya butuh waktu tiga menit dari memasukan data entry, mencetak, lalu membayar biaya administrasi.

"Kalau di Daan Mogot kan antrian cukup panjang. Dan waktu yang dibutuhkan cukup lama," ucap Ermayudi kepada wartawan, termasuk Wartakotalive.com di lokasi, Kamis (29/12) pagi.

Ermayudi mengatakan, peningkatan terhadap pelayanan terus dilakukan oleh Korlantas Mabes Polri dan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dengan dibukanya gerai di Mall Pluit, berarti Ditlantas Polda Metro Jaya telah membuka 7 gerai SIM di mall.

Diantaranya yang sudah dibuka sebelumnya adalah di Mall Taman Anggrek, Puri Mall Kembangan, dan Taman Palm.

Saat ini keberadaan tujuh gerai itu cukup bermanfaat. Banyak masyarakat antusias dalam melakukan perpanjangan SIM. Sebab, dalam pelayanan ini, hanya di butuhkan waktu paling lama lima menit.

Kasie Satpas SIM Polda Metro Jaya, Kompol Doni Hermawan mengatakan sebenarnya perpanjangan sim dapat dilakukan di semua tempat Satpas di Indonesia, asalkan pemohonon sudah menggunakan e KTP.

"Ini nantinya akan terkoneksi dengan server e KTP di Kemendagri," tutur Doni.

Untuk meningkatkan pelayanan ini, Satpas SIM PMJ menyiapkan dua orang petugas lantas untuk mengurusi administrasi dan percetakan SIM.

Dalam pelayanan di Gerai Pluit sendiri, terdapat klinik kesehatan sebagai bahan lampiran perpanjangan SIM, selain itu terdapat tiga komputer administrasi yang mengurusi percetakan dan pemasukan data.

Salah satu pengunjung, Ihshan (38), menyambut baik dengan pelayanan ini. Sebab, selama ini untuk memperpanjang SIM dirinya harus ke daerah Daan Mogot yang membutuhkan waktu ber jam-jam lamanya lantaran macet.

"Yah kalo disini, kita akan lebih mudah. Saya berharap, Gerai ini akan di tambah dengan perpanjangan STNK," kata Ihshan.

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help