WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Hasil Kongkalikong: Anggaran Kolam Ikan Rp 500 Juta, Renovasi Rumah Dinas Ketua DPRD Rp 1,4 M

Harusnya, pihak eksekutif jika memang melakukan pembahasan, anggaran itu dilarang masuk. Kalau tidak dilarang, kita patut curiga.

Hasil Kongkalikong: Anggaran Kolam Ikan Rp 500 Juta, Renovasi Rumah Dinas Ketua DPRD Rp 1,4 M
Kompas.com/Jessi Carina
Ilustrasi. Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik, dan Ketua Tim Pansus Hak Angket Muhammad Sangaji. 

WARTA KOTA, BALAI KOTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berhasil mencoret anggaran Sekretariat DPRD DKI pada APBD 2017 yang mencapai miliaran rupiah.

Salah satunya anggaran perbaikan kolam ikan Rp 579 miliar, gaji sopir Rp 4 miliar dan perbaikan rumah dinas Ketua DPRD DKI Jakarta mencapai Rp 1,4 miliar.

Direktur Centre for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi mengatakan bahwa anggaran tersebut lolos hasil dari 'kongkalikong' antara DPRD dan eksekutif.

"Harusnya, pihak eksekutif jika memang melakukan pembahasan, anggaran itu dilarang masuk. Kalau tidak dilarang, kita patut curiga. Artinya ada 'kerjasama yang baik' atau 'kongkalikong' antara dewan dan eksekutif," kata Uchok ketika dihubungi Warta Kota, Rabu (28/12/2016).

Menurut Uchok, pembagian anggaran tersebut adalah politis. Jika Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, menyetujui alokasi dana, artinya eksekutif juga mendapatkan anggaran lainnya.

"Ada unsur kesengajaan dari keduanya. Jika dewan mendapatkan anggaran tersebut, maka eksekutif juga mendapatkan anggaran yang lain. Harusnya Plt Gubernur berani membongkar ini ke publik," katanya.

Menurut Uchok, kebutuhan sopir merupakan kebutuhan pribadi. Juga bukan sebagai upaya untuk peningkatan kinerja dewan.

"Kalau mau mereka biayai sendiri saja gaji sopir. Jangan pakai APBD," tegasnya.

Sementara untuk renovasi kolam ikan senilai Rp 500 juta, juga dianggap terlalu mewah. Anggaran tersebut tidak perlu dikucurkan.

"Kalau Rp 500 juta itu sama saja pemborosan. Tidak pantas anggaran itu dikeluarkan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help