Lima SKPD Kota Bekasi Dinilai Gagal Maksimalkan Pendapatan

Ada SKPD yang melebihi target, ada juga yang belum mencapai target, jadi tiap SKPD berbeda-beda pendapatannya

Lima SKPD Kota Bekasi Dinilai Gagal Maksimalkan Pendapatan
Warta Kota
Ilustrasi 

WARTA KOTA, BEKASI - Komisi C bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Bekasi menyebut ada lima satuan perangkat kerja daerah (SKPD) di wilayah setempat yang memperoleh pendapatan cukup rendah. Karena itu, legislator setempat meminta agar Pemerintah Kota Bekasi mengevaluasi SKPD yang gagal memaksimalkan pendapatannya.

"Ada SKPD yang perolehan pendapatannya di bawah 50 persen dari target yang dipatok. Tahun depan harus mencapai target," kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bekasi, Epi Susanto pada Selasa (27/12).

Epi menjelaskan, kelima SKPD yang memiliki pendapatan rendah adalah Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporbudpar); Dinas Bangunan dan Permukiman (Disbangkim); Dinas Perhubungan (Dishub); Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop); serta Dinas Pertamanan, Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DP3JU).

Untuk Disporbudpar, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) hanya Rp 220 juta dari targeti Rp 1,6 miliar.

Lalu perolehan Disbangkim hanya Rp 196,3 juta dari target Rp 370 juta.

Kemudian Disperindagkop memperoleh pendapatan Rp 3,1 miliar dari target Rp 7,7 miliar.

Sementara pendapatan sektor parkir Dishub dari target Rp 1,6 miliar, hanya memperoleh Rp 1,4 miliar. Terakhir DP3JU hanya mendapatkan pemasukan Rp 30 miliar dari target Rp 65 miliar.

Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah pada Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bekasi, Amsiah mengatakan, secara keseluruhan realisasi pendapatan tahun 2016 mencapai sudah mencapai 93 persen atau sekitar Rp 1,57 triliun, dari target sebesar Rp 1,68 triliun.

"Ada SKPD yang melebihi target, ada juga yang belum mencapai target, jadi tiap SKPD berbeda-beda pendapatannya," kata Amsiah.

Misalnya Dinas Kesehatan target Rp 53,9 miliar, namun realisasinya Rp 58 miliar. Kemudian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi memperoleh pendapatan Rp 159,2 miliar dari target yang dipatok sebesar Rp 150,8 miliar.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved