Tips Kesehatan

Wanita Hamil Tetap Lakukan Hubungan Intim, Perhatikan 5 Hal Ini

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pasangan yang akan melakukan aktivitas di ranjang demi kenyamanan ibu hamil dan pasangannya.

Wanita Hamil Tetap Lakukan Hubungan Intim, Perhatikan 5 Hal Ini
Shutterstock
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH-- Secara umum, berhubungan seks selama kehamilan diperbolehkan oleh dunia medis. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi kenyamanan ibu hamil dan pasangannya.

Baca: Aneh, Wanita Ini Punya Dua Rahim dan Dua Kemaluan

Barb DePree, ahli kandungan dari Lakeshore Health Partners di Zeeland, Michigan mengatakah bahwa berhubungan seks selama kehamilan itu aman.

Baca: 4 Makanan Ini Akan Bikin Organ Intim Wanita Tetap Yahud

Berbagai ketakutan seperti penis akan mencederai bayi dalam kandungan itu tidak terbukti secara ilmiah.

“Ada juga pendapat kalau bayi dalam kandungan bisa terpengaruh emosinya. Sekali lagi, hal ini tidak terbukti secara ilmiah,” ujar DePree.

Jadi, seks selama kehamilan sah saja dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kenyamanan bersama, antara lain :

Pakai kondom

Sperma mengandung prostaglandin yang mampu memicu kontraksi.

Pemakaian kondom dianjurkan jika ibu memiliki masalah pada kehamilan di trimester pertama. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini.

Pada ibu hamil yang sudah memasuki minggu akhir, prostaglandin bisa memicu persalinan. Bahkan hubungan seks kerap disarankan untuk memperlancar persalinan.

Wanita merasa tidak percaya diri akan tubuhnya

Halaman
123
Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help