Survei LBH Jakarta: Kelayakan Rumah Rusun Tak Sebanding dengan Kesejahteraan Warga

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta merilis hasil survei terhadap kesejahteraan penghuni rumah susun (rusun) yang ada di Jakarta.

Survei LBH Jakarta: Kelayakan Rumah Rusun Tak Sebanding dengan Kesejahteraan Warga
Rangga Baskoro
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta merilis hasil survei terhadap kesejahteraan penghuni rumah susun (rusun) yang ada di Jakarta di kantor LBH, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2016). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta merilis hasil survei terhadap kesejahteraan penghuni rumah susun (rusun) yang ada di Jakarta.

Survei dilakukan secara dua tahap yakni metode kualitatif yang dilakukan bulan April 2016 dan kualitatif yang dilakukan bulan Juni-September 2016 dengan responden sebanyak 250 orang yang terdiri dari 49,6 persen responden perempuan dan 50,4 persen laki-laki

Sedangkan lokasi survei yang dipilih adalah 18 rusun. Sebanyak 4 rusun di Jakarta Utara, 1 rusun di Jakarta Barat, 9 rusun di Jakarta Timur, 1 rusun di Jakarta Selatan, dan 3 rusun di Jakarta Pusat.

Kelayakan Rumah Susun

Terdapat 5 opsi dalam pertanyaan kuisioner yakni pilihan sangat layak, tidak layak, cukup layak, layak dan sangat layak.

Peneliti juga melakukan verifikasi secara aktual dengan cara mendatangi lokasi rusun-rusun tersebut.

"Hasil survei menunjukkan bahwa para responden menilai fasilitas dapur, kamar mandi, kondisi sirkulasi udara, keamanan, dan kebersihan rumah rusun cenderung lebih layak dari rumah yang lama," ucap Cindy Iqbalini Fortuna, selaku pengacara publi LBH Jakarta, di kantor LBH, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (21/12/2016).

Sebanyak 10,20 dan 22 persen laki-laki menilai kebersihan rumah lama sangat tidak layak dan tidak layak, sedangkan 32,20 persen menilai cukup layak.

Lalu sebanyak 28,60 dan 7,10 persen menilai layak dan sangat layak. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan jawaban responden wanita.

Indikator tingkat keamanan juga menunjukkan bahwa responden lebih puas terhadap tingkat keamanan rumah susun dari pada rumah lama.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved