Rusia Legalkan Bitcoin sebagai Mata Uang Virtual

Mengikuti jejak Jepang dan Amerika Serikat, kini Pemerintah Rusia resmi melegalkan penggunaan Bitcoin sebagai salah satu mata uang yang beredar

Rusia Legalkan Bitcoin sebagai Mata Uang Virtual
Kompas.com
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Mengikuti jejak Jepang dan Amerika Serikat, kini Pemerintah Rusia melalui Lembaga Pajak Federal Rusia resmi melegalkan penggunaan Bitcoin sebagai salah satu mata uang yang beredar di negaranya mulai November lalu.

Akibatnya peningkatan harga Bitcoin saat ini menembus 10 juta Rupiah/ Bitcoin.

Hal itu dikatakan Pengurus Asosiasi Blockchain Indonesia, Suasti Atmastuti, dalam siaran pers yang diterima Warta Kota, Rabu (21/12).

Suasti mengatakan Rusia bersikap positif dan akan memperlakukan mata uang virtual, khususnya Bitcoin, sebagaimana halnya mata uang asing.

Apa yang dilakukan Rusia itu, katanya, mungkin timbul atas kesadaran bahwa teknologi digital cryptocurrency akan semakin sering digunakan oleh masyarakat di masa depan.

"Dengan regulasi yang positif itu, maka mereka dapat memonitor transaksi cryptocurrency yang terjadi di negaranya," kata Suasti.

Menurutnya dalam 3 bulan terakhir, tren harga Bitcoin mengalami lonjakan harga hingga 40 persen atau jika dirupiahkan saat ini setara 10 juta Rupiah per Bitcoin.

Besarnya populasi penduduk Rusia yang mencapai 146 juta orang diyakini akan berpotensi menjadi pemain maupun pasar terbesar dan sejajar dengan pemain Bitcoin global, seperti China, Eropa, dan Amerika.

"Lampu hijau Rusia terkait pelegalan Bitcoin itu terbukti berdampak positif pada peningkatan volume transaksi dan pergerakan harga Bitcoin di seluruh dunia," kata Suasti.

Ia menjelaskan laporan terbaru dari Saxo Bank, Denmark, memprediksi tren harga Bitcoin tahun depan akan terus melonjak hingga tiga kali lipat atau berpotensi menembus level 2000 USD/Bitcoin.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved