Diminta Buka Informasi Dana Donasi, Pengelola Alfamart Ajukan Keberatan

Status PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai badan publik harus memenuhi permohonan untuk membuka 11 informasi perusahaan terkait penggalangan dana.

Diminta Buka Informasi Dana Donasi, Pengelola Alfamart Ajukan Keberatan
istimewa
logo alfamart 

WARTA KOTA, JAKARTA - Komisi Informasi Pusat (KIP) memutuskan bahwa status PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai badan publik harus memenuhi permohonan untuk membuka 11 informasi perusahaan terkait penggalangan dana donasi yang diajukan konsumennya, Mustholih (36).

Atas putusan ini pengelola jaringan ritel Alfamart segera mengajukan keberatan.

"Hasil putusan ini belum bersifat inkrah, kami sebagai termohon memiliki hak untuk mengajukan keberatan," kata Corporate Affairs Director Alfamart Solihin dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Dalam laman KIP disebutkan, setelah melalui proses persidangan sengketa informasi yang panjang di KIP, Majelis Komisioner (MK) KIP memutuskan informasi penggalangan dana donasi dari konsumen mini market Alfamar harus dibuka kepada publik.

Ketua MK Dyah Aryani beranggotakan Yhannu Setyawan dan Evy Trisulo bersama mediator John Fresly dan Panitera Pengganti Ahmad Derobi membacakan putusan secara bergantian di Ruang Rapat KIP Jakarta pada Senin (19/12/2016).

Pendapat berbeda

Salah satu anggota MK Evy Trisulo mengajukan dissenting opinion (pendapat berbeda) mengenai putusan sengketa informasi antara Pemohon Mustolih Siradj terhadap Termohon PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) itu.

Alasannya, termohon tidak menggunakan dana APBN ataupun APBD dalam menjalankan kegiatan bisnisnya sehingga termohon tidak bisa dikategorikan sebagai Badan Publik (BP) yang dapat dibuka informasinya ke publik.

Dissenting opinion dari salah satu anggota MK itu tidak mempengaruhi putusan KIP agar Termohon segera membuka informasi tentang sumbangan uang kembalian belanja dari konsumen yang melakukan transaksi di Alfamart seluruh Indonesia.

Untuk itu, MK dalam amar putusannya mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved