Tahun Depan Pemerintah Takkan Naikan Harga BBM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar.

Tahun Depan Pemerintah Takkan Naikan Harga BBM
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (15/5/2016). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar.

Hal itu berdasarkan hasil koordinasi lintas sektor, melihat kemampuan keuangan negara atau situasi perekonomian, kemampuan daya beli masyarakat, serta ekonomi riil dan sosial masyarakat.

"Harga premium, solar, dan minyak tanah untuk sementara ditetapkan untuk tidak naik," ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Jonan menjelaskan, keputusan tersebut merupakan upaya luar biasa pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat tidak menurun. Menurut Jonan, harga solar paling banyak memiliki dampak terhadap inflasi.

"Ini arahan Bapak Presiden," tegas mantan Menteri Perhubungan itu.

Pemerintah, lanjutnya, akan terus memantau perkembangan harga minyak dunia dalam menetapkan harga jual jenis BBM tertentu dan Jenis BBM khusus penugasan.

"Kita lihat sampai tiga bulan ke depan. Kita akan evaluasi (harga minyak) setiap bulannya," kata Jonan.

Dengan demikian, harga jual jenis BBM tertentu dan Jenis BBM khusus penugasan, mulai 1 Januari 2017 pukul 00.00 WIB, adalah sebagai berikut:

1. Minyak tanah: 2.500 per liter
2. Solar subsidi: 5.150 per liter
3 . Bensin RON 88 Penugasan (Luar Jawa-Madura-Bali): 6.450 per liter (*)

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved