WartaKota/

Evalube, 2017 Tetap Bidik Pasar Lokal

WGI saat ini merupakan salah satu produsen pelumas swasta pertama yang memproduksi pelumas di Indonesia.

Evalube, 2017 Tetap Bidik Pasar Lokal
WARTA KOTA/IGN AGUNG NUGROHO
Produsen pelumas PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) dengan brand Evalube Lubricants tetap akan fokus menggarap pasar lokal (domestik) ketimbang ekspor. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Ign Agung Nugroho

WARTA KOTA, KEMAYORAN -- Pada tahun 2017, produsen pelumas PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) dengan brand Evalube Lubricants tetap akan fokus menggarap pasar lokal (domestik) ketimbang ekspor.

Alasannya, menurut Ivan Rastianto, Marketing Manager Commercial Division WGI peluang pasar di Indonesia lebih menggiurkan ketimbang ekspor.

"Sejauh ini kami baru mempelajari pasar di Malaysia, tapi masih melihat dulu, karena potensi pasar lokal justru besar," kata Ivan ditemui di Pameran Manufacturing ad Machine Tools Industry Jakarta 2016 di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat baru-baru ini.

WGI saat ini merupakan salah satu produsen pelumas swasta pertama yang memproduksi pelumas di Indonesia.

Saat ini, Wiraswasta Gemilang memiliki pabrik pelumas di Cibitung berkapasitas produksi 80 juta liter per tahun dengan utilisasi 70 persen-80 persen.

"Kami masih punya kapasitas produksi yang bisa ditambahkan, tapi belum bisa dipastikan kapan memenuhi utilitas tersebut," kata Ivan.

Karena utilisasi masih ada yang kosong, Ivan mengaku optimistis, bisnis pelumas
Evalube masih berpeluang tumbuh di Indonesia.

"Tahun ini pertumbuhan kami slow sekitar 5 persen, tahun depan kami menargetkan bisa naik dobel digit sekitar 12 persen-14 persen," kata Ivan.

Selain memproduksi pelumas otomotif, WGI memproduksi pelumas industri. Namun, kontribusi penjualan pelumas industri diakui Ivan masih terbilang kecil, baru 30 persen. Sedangkan pelumas industri berkontribusi 70 persen.

Sedangkan untuk untuk memperbesar pasar pelumas otomotif, tahun depan WGI berencana meluncurkan produk anyar berupa pelumas kendaraan bermotor jenis matik dan sport.

Sedangkan untuk pelumas Industri, WGI yang memiliki merek Evacool telah menggandeng 200 perusahaan di Indonesia, dengan 1.000 lebih distributor.

"Penjualan pelumas industri penuh tantangan dan tak mudah, karena mesti melakukan uji coba dulu," kata Ivan.

Terkait tantangan bisnis saat ini, Sapta Rida R, Sales Manager C/I & OEM WGI mengatakan, maraknya pelumas impor saat ini menjadi tantangan yang harus mereka hadapi.

"Selain impor, kendala kami adalah adanya perusahaan tertentu yang merekomendasikan menggunakan pelumas tertentu," kata Sapta.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help