Masjid Sunda Kelapa Dipadati Peserta Aksi 1212

Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2016), dipadati ribuan umat muslim yang telah mengikuti shalat subuh berjamaah nasional.

Masjid Sunda Kelapa Dipadati Peserta Aksi 1212
Warta Kota/Acep Nazmudin
Pintu gerbang Masjid Sunda Kelapa 

WARTA KOTA, MENTENG - Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2016), dipadati ratusan atau bahkan ribuan umat muslim yang telah mengikuti shalat subuh berjamaah nasional pada 12 Desember 2016 atau dikenal dengan aksi 1212.

Berdasarkan pantauan di lapangan, jemaah di Masjid Sunda Kelapa banyak yang tidak mendapat tempat di dalam masjid, sehingga harus menunaikan ibadah di pekarangan masjid.

Terdapat 10 shaf atau barisan jamaah di pekarangan masjid yang dibangun pada dekade 1960-an itu.

Salah satu jamaah, Salahudin Adi Pratama, mengatakan dia mengikuti aksi 1212 karena ingin mendengar khutbah dari shalat subuh berjamaah nasional yang digagas Gerakan Nasional Pembela Fatwa-Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) itu.

"Saya pada aksi sebelumnya di 4 November 2016 dan 2 Desember 2016 selalu ikut. Hari ini saya ingin ikut lagi karena ingin membela Al-Quran," kata Salahudin yang berdomisili di Salemba, Jakarta Pusat.

Masjid Sunda Kelapa merupakan salah satu masjid dari 100 lebih masjid di seluruh Indonesia yang mengikuti shalat berjamaah nasional pada 12 Desember 2016 ini.

Aksi 1212 dipusatkan di Mesjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Bandung.

Di Sunda Kelapa, sebelum shalat subuh berjamaah, umat muslim juga melaksanakan shalat tahajud. Setelah shalat subuh, umat muslim berdzikir, berthausiah dan menunaikan doa bersama-sama.

Aksi 1212 ini juga bertepatan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved