Kabar Raja Arab Saudi Nambahkan Kuota Haji Tahun 2017 Hoax

Beredarnya kabar yang mengatakan Raja Arab Saudi Salman meningkatkan jumlah kuota haji untuk jamaah dari Indonesia setiap tahunnya sebesar 100.000

Kabar Raja Arab Saudi Nambahkan Kuota Haji Tahun 2017 Hoax
Kompas.com
Keberangkatan jamaah haji Indonesia. 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, GAMBIR -- Beredarnya kabar yang mengatakan Raja Arab Saudi Salman meningkatkan jumlah kuota haji untuk jamaah dari Indonesia setiap tahunnya sebesar 100.000 merupakan informasi hoax.

"Mengenai kabar Raja Salman menambahkan kuota jamaah haji tidaklah benar," ujar Moh. Khieron Durori Kasubbid Liputan Humas Kementerian Agama (Kemenag) pada wartakotalive.com, Kamis (8/12).

Dalam informasi yang beredar tersebut Raja Salman memohon maaf kepada seluruh masyarakat muslim Indonesia karena merasa bahwa Beliau sudah mendzolimi masyarakat muslim Indonesia.

Kemudian Beliau memerintahkan kepada Kementrian Haji Arab Saudi untuk mulai tahun 2017 yang akan datang agar menambahkan kuota haji Indonesia 100.000 per tahun hingga antrian tersebut habis.

Dan selanjutnya Indonesia akan diberi kuota sekitar 30-40 persen dari kapasitas haji yang sekitar 3-4 juta jemaah per musim haji (kuota Indonesia menjadi sekitar 1-1,25 juta dengan membatasi kuota untuk negara Arab lainnya karena selama ini tidak dibatasi).

"Berita ini sudah beredar cukup lama dan kami (Kemenag) telah mengklarifikasinya beberapa waktu lalu," ungkapnya di ruang Humas Kemenag, Jakarta Pusat.

Jumlah keberangkatan jamaah haji beberapa tahun terakhir mengalami mengalami penurunan karena adanya renovasi yang sedang berlangsung di Masjidil Haram.

"Tiga tahun ini ada pemotongan jumlah jamaah haji yang berangkat dari 211 ribu menjadi 168.800 termasuk reguler dan khusus karena ada renovasi yang dilakukan di sana," ujar Hasan Afandi Kabag Sistem Haji Terpadu saat dikonfirmasi di tempat berbeda.

Ia juga menambahkan meski renovasi Masjidil Haram telah selesai namun hingga saat ini belum ada penetapan jumlah kuota haji untuk tahun 2017.

"Kami belum bisa memberikan jawaban karena perlu adanya MOU antara Menteri Agama dengan Menteri Dalam Negeri," jelasnya.

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved