VIDEO: Lebih Dari 30 Unit Mobil Tangki Dikerahkan Untuk Tempat Berwudhu di Monas

Mobil yang bisa menampung sebanyak 4000 liter air ini dilengkapi dengan 12 keran di bagian samping kanan dan kiri, serta belakang.

WARTA KOTA, GAMBIR - Sebanyak lebih dari 30 unit mobil tangki yang berasal dari PAM Jaya, Kepolisian, Dinas Tata Air dan Pemadam Kebakaran akan berisiaga untuk di lingkar dalam Monas.

"Kebetulan kami dari PAM Jaya. Namun, nanti akan ada 30 unit lebih yang akan ditaruh di lingkar dalam kawasan Monas," ungkap Direktur Umum PAM Jaya, Untung Suryadi, di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/12).

Baca: Begini Persiapan di Monas Jelang Aksi Damai

Pihaknya sendiri bekerjasama dengan Palyja dan Aetra sudah menempatkan 8 unti mobil tangki.

"Mobil tangki ini untuk wudhu para jamaah, kami dari PAM Jaya menyediakan 4 unit, Palyja ada 2 Unit dan Aetra ada 2 unit," ucapnya.

Baca: Mobil Komando untuk Dukung Demonstrasi 212 Didatangkan dari Riau

Mobil yang bisa menampung sebanyak 4000 liter air ini dilengkapi dengan 12 keran di bagian samping kanan dan kiri, serta belakang.

"Sudah bisa dipakai karena sudah ada kerannya, tinggal dibuka saja. Karena kerannua menempel di tangki mobil," tutur Untung.

Ia memperkirakan 1 tangki mobil bisa dipakai untuk 1000 orang lebih jamaah.

"Kalau wudhu yang benar, mungkin sekitar 3 liter per orang. Jadi kalau isinya 4000 liter, bisa 1000 orang lebih," katanya.

Pihaknya akan melihat kondiai di lapangan apabila ketersediaan air wudhu tidak mencukupi jumlah jamaah yang menghadiri Aksi Bela Islam Jilid III.

Di sisi lain, Damkar DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 12 unit mobil pemadam untuk menyuplai air wudhu.

Ke‎pala Seksi Operasional Dinas PKP DKI Jakarta, Mulyanto mengatakan, sebanyak 12 kendaraan damkar yang ditempatkan di seluruh pintu masuk kawasan monumen nasional (Monas).  

"Sebanyak dua belas unit kendaraan damkar kita pasang pipa yang bisa digunakan peserta aksi damai untuk ambil wudhu sebelum menunaikan sholat, Masing-masing unit ada lima keran airnya," ujar Mulyanto saat dikonfirmasi.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menyiagakan mobil khusus pemadam kebakaran yang akan di tempatkan di sejumlah titik yang akan bersiagan mulai dari, Jumat (2/12) jam 01.00.

"Unit lainnya disiagakan di Balaikota, Gedung DPR-MPR dan di Bundaran HI dan Istana," pungkasnya. (Rangga Baskoro)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved