Ini Sejumlah Lahan yang Sulit Dibebaskan untuk Proyek Kereta Bandara

Pembebasan lahan terkait proyek akses kereta ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, terus dikejar.

Ini Sejumlah Lahan yang Sulit Dibebaskan untuk Proyek Kereta Bandara
Warta Kota/Nur Ichsan
Proyek Jalur Kereta Bandara tak kunjung selesai. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Pembebasan lahan terkait proyek akses kereta ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, terus dikejar.

Kendati demikian, masih ada beberapa kendala yang ditemukan di lapangan perihal pembebasan lahan tersebut.

Masih ada bidang yang lahannya sulit untuk dibebaskan. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Project Direktur II PT KAI Joko Edi Hartono.

"Hambatannya ada beberapa lahan yang masih sulit untuk kami bebaskan," ujar Joko saat ditemui di Kantor BPN Kota Tangerang, Jumat (25/11/2016).

Ia mengungkapkan bidang tersebut meliputi pabrik, sekolah, musala, dan tempat pemakaman umum. Menurut Joko, rata-rata pabrik besar yang lahannya belum bisa dibebaskan.

"Butuh waktu untuk pembebasan lahan di pabrik-pabrik itu. Masih kami proses, soalnya pabrik tersebut karyawannya sampai 5.000 orang," ucapnya.

Joko menambahkan, pihaknya juga masih memikirkan rencana relokasi bangunan sekolah, musala, dan pemakaman yang terdampak pada proyek ini.

"Ada madrasah, musala, dan makam yang nantinya kami pindahkan juga," katanya.

Progress pembebasan lahan akses kereta ke Bandara Soetta ini sudah mencapai 80 persen. Pihak PT KAI akan terus membayarkan secara bertahap terhadap sisa-sisa bidang milik warga yang lahannya akan dibebaskan.

Pada Jumat (25/11/2016) hari ini dilakukan proses pembayaran terhadap 27 bidang di Kantor BPN Kota Tangerang. Data yang dihimpun Warta Kota, pada hari ini nilai ganti kerugian yang dibayarkan sebesar Rp 33 miliar.

Angka tertinggi diperoleh pemilik dua bidang di Tanah Tinggi, Tangerang. Dengan nilai sekitar Rp 14 miliar. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved