Pilkada DKI Jakarta

Anies Baswedan Ingin Bangun JORR Tanpa Bikin Enam Tol Dalam Kota, Ini Kata Ahok

Ahok menilai, pembangunan ruas jalan tol sebenarnya tidak dapat mengatasi permasalahan kemacetan di Ibu Kota.

Anies Baswedan Ingin Bangun JORR Tanpa Bikin Enam Tol Dalam Kota, Ini Kata Ahok
Ahok blusukan di Pulomas, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Faizal Rapsanjani

WARTA KOTA, MENTENG - Calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai, program Anies Baswedan yang mempercepat pembangunan tol lingkar luar tanpa membangun enam ruas tol dalam kota karena membuat kemacetan, keliru.

Jika ingin membangun jalan tol lingkar luar atau outer ring road, kata Ahok, maka perlu dibangun enam ruas tol dalam kota, agar memiliki jalur keluar masuk kendaraan.

"Itu perdebatan sejak zamannya Pak Foke (Fauzi Bowo). Kalau itu teorinya betul, makanya dulu Pak Foke menahan membangun. Padahal, teori itu mengatakan kalau anda membangun outer ring road, maka anda harus ada enam ruas tol dalam kota," jelas Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

"Untuk keluar masuk, kalau Anda terjebak dalam lingkaran gimana? Buat apa ada lingkaran elevated kalau tidak ada networking jaringan elevated," tambahnya.

Ahok menilai, pembangunan ruas jalan tol sebenarnya tidak dapat mengatasi permasalahan kemacetan di Ibu Kota.

Ahok lebih memilih meneruskan sistem transportasi massal berbasis rel, seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

"Tentu saya juga percaya teori rasio jalan tidak akan menyelesaikan kemacetan, makanya harus diselesaikan dengan berbasis rel. Tapi, outer ring road dengan JORR dengan enam ruas tol dalam kota harus bisa diselesaikan, sesudah itu tidak perlu lagi bikin tol dalam kota," paparnya.

Sebelumnya, dikutip dari akun Twitter pribadi Anies Baswedan, @aniesbaswedan, salah satu langkah yang ia tawarkan selaku calon gubernur DKI, adalah mempercepat pembangunan tol lingkar luar (JORR) dan tidak membangun 6 ruas tol dalam kota.

"Mempercepat pembangunan tol lingkar luar dan tidak membangun enam ruas tol dalam kota yg akan menambah macet di Jakarta," cuit Anies lewat akun Twitter-nya. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved