Besok Buruh Tangerang Ancam Blokir Tol Bitung

Ribuan buruh Tangerang berencana menggelar aksi demonstrasi besar-besaran pada Kamis (10/11/2016) besok.

Besok Buruh Tangerang Ancam Blokir Tol Bitung
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA

WARTA KOTA, TANGERANG - Ribuan buruh Tangerang berencana menggelar aksi demonstrasi besar-besaran pada Kamis (10/11/2016) besok.

Aksi yang akan digelar merupakan buntut dari kekesalan mereka karena belum disepakatinya kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2017.

Eka Budi Pratama, koordinator lapangan aksi menjelaskan, elemen buruh yang akan turun ke jalan besok di antaranya adalah KSPSI, FSPMI, dan SPN.

Eka yang juga Sekretaris DPC KSPSI Bojong ini menilai aksi tersebut sebagai wujud kekecewaan kepada pemerintah yang kurang responsif terhadap nasib dan kesejahteraan buruh.

"Besok kami akan menutup akses Tol Bitung," tegas Eka, Rabu (9/11/2016).

Ada empat titik kumpul buruh yang terbagi dalam aksi ini, yakni zona barat, timur, utara, dan tengah.

Titik kumpul wilayah barat akan difokuskan di PT Mayora, Jayanti. Sedangkan titik kumpul wilayah tengah berada di pintu gerbang Citra Raya; utara di Victory Cingluh; dan untuk wilayah Kota Tangerang dan Tangerang Selatan titik kumpulnya di Tol Bitung.

"Kami akan mengusung tema Banten darurat upah," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang Syafrudin mengungkapkan, demo merupakan hak setiap warga negara, termasuk buruh.

Mekanisme dalam pembahasan pengupahan sudah ditempuh dengan melibatkan semua unsur dari Dewan Pengupahan Kabupaten (DPK).

Dalam DPK tersebut ada unsur buruh, Apindo, dan pemerintah.

Buruh menginginkan kenaikan sekitar 24 persen, sementara Apindo bersikeras sesuai regulasi, berada di angka 8,75 persen.

"Kami sudah menyerahkan hasil pembahasan kepada Pak Bupati, dan nanti Pak Bupati lah yang mempunyai keputusan untuk merekomendasikan kepada Gubernur Banten," jelas Syarifudin. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help