WartaKota/
Home »

Depok

Perpustakaan Umum Kota Depok Diguyur 1.500 Buku

Perpustakaan Umum Kota Depok mendapat bantuan hibah buku sebanyak 1.500 eksemplar dari Perpusatakaan Nasional RI, Senin (7/11/2016).

Perpustakaan Umum Kota Depok Diguyur 1.500 Buku
WARTA KOTA/BUDI MALAU
Bantuan buku sebanyak 1.500 eksemplar dengan 750 judul buku dari Perpustakaan Nasional RI. yang diterima Perpustakaan Umum Kota Depok, Senin (7/11/2016). 

WARTA KOTA, DEPOK - Perpustakaan Umum Kota Depok mendapat bantuan hibah buku sebanyak 1.500 eksemplar dari Perpusatakaan Nasional RI, Senin (7/11/2016).

Sebanyak 1.500 eksemplar buku itu terdiri dari 750 judul dari berbagai bidang dan kategori. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Ima Halimah.

Dengan bantuan buku ini, diharapkan Perpustakaan Umum Kota Depok makin digemari untuk dikunjungi warga Depok, karena koleksi buku yang dimiliki makin lengkap dan bervariasi.

"Kami memang terus berupaya menambah jumlah buku agar perpustakaan ini layak menjadi standar perpustakaan nasional. Selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan warga yang ingin mencari buku dari berbagai judul maupun penulis, guna kepentingan bagi pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum,” tutur Ima.

Ke depan, kata dia, Perpustakaan Umum Kota Depok akan terus menambah jumlah buku, selain selalu terbuka menerima bantuan buku dari siapa pun yang ingin menyumbang buku ke Perpustakaan Umum Kota Depok.

Sebelumnya Ima mengatakan, dilihat dari jumlah buku yang ada, Perpustakaan Umum Kota Depok masih jauh di bawah standar perpustakaan nasional. Sebab, jumlah dan kategori buku yang ada di Perpustakaan Umum Kota Depok masih sangat kurang.

Saat ini, katanya, Perpustakaan Umum Kota Depok baru memiliki sekitar 22 ribu eksemplar dari sekitar 19 ribu judul buku. Sedangkan sesuai standar nasional perpustakaan yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional RI, jumlah judul buku di satu wilayah itu harus sesuai per kapita yang ditetapkan, yakni jumlah penduduk dikali 0,025.‬

‪Dengan jumlah penduduk Kota Depok sebanyak sekitar 2,4 Juta orang, maka jumlah buku ideal di perpustakaan di Depok adalah 2,4 juta dikalikan 0,025, yakni sebanyak sekitar 50 ribu sampai 60 ribu buku.‬

‪"Jadi, agar ideal, Perpustakaan Depok harus memiliki sedikitnya 50 ribu buku. Sementara yang ada saat ini baru sekitar setengahnya," ungkap Ima.

‪Ini berarti untuk sampai pada tahap ideal dan sesuai standar perpustakaan nasional, maka Perpustakaan Umum Kota Depok harus menambah sekitar 28 ribu buku lagi.

"Secara bertahap ini akan kami penuhi," katanya. (*)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help